sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Selasa, 19 Mei 2020 12:28 WIB

Pengiriman smartphone di pasar Indonesia menurun pada Q1 2020

Pandemi virus corona telah membuat pengiriman smartphone di pasar Indonesia menurun pada Q1 tahun 2020.

Pengiriman smartphone di pasar Indonesia menurun pada Q1 2020
Source: Digital Trends

Pandemi virus corona (Covid-19) memberi dampak yang tidak baik ke semua industri saat ini, termasuk pengiriman smartphone di pasar Indonesia Indonesia. Tracker Ponsel Triwulan IDC mencatat, pengiriman smartphone ke Indonesia tercatat turun sebesar -7,3% dan -24,1 dalam 2 tahun terakhir dengan jumlah 7,5 unit selama kuartal pertama 2020. Penurunan ini juga disebabkan oleh penutupan outlet ritel terkait peraturan PSBB yang diterapkan. Namun, bagi beberapa merek yang memiliki fasilitas produk lokal dan pasokan komponen yang aman, mereka mampu mempertahankan bisnisnya.

“Ketika Ramadan semakin dekat dan dengan penyebaran pandemic COVID-19 masih belum dapat diatasi di dalam negeri, pasar smartphone Indonesia akan terus mengalami turbulensi yang disebabkan oleh berbagai faktor ekonomi hinga 3Q20 setidaknya sebelum pasar mulai melihat tanda-tanda stabilitas lagi,” imbuh Risky Febrian, Market Analyst, Client Devices, IDC Indonesia.

Namun Risky juga mengatakan dampak positif berkelanjutan diterima oleh industri smartphone lokal karena implementasi peraturan registrasi IMEI. Adanya peraturan ini telah mendorong konsumsi smartphone yang dibuat secara lokal karena berkurangnya impor unit ilegal.

“Karena (peraturan IMEI) bertujuan untuk mengurangi impor unit ilegal dan mempromosikan konsumsi smartphone yang dibuat secara lokal di Indonesia, yang akan bermanfaat bagi industri lokal dalam jangka panjang. “tambah Risky.

Di sisi lain, vendor smartphone vivo menduduki posisi teratas pada pasar smartphone di Indonesia pada Q1 2020. Posisi kedua diduduki oleh Oppo yang secara terus menerus meluncurkan seri A-nya, dan dilanjut dengan Samsung. Melalui seri Galaxy A yang terjangkau, Samsung menjadi salah satu pemain top di pasar Indonesia.

Sementara itu, Xiaomi berada di posisi keempat dengan fanbase yang kuat di dalam negeri. Modelnya yang beragam serta harga yang terjangkau menjadi daya tarik konsumen. Di samping itu, Realme mengalami dampak pandemi dengan turunnya pengiriman di Q120. Merek ini kini berada di posisi kelima pada pasar smartphone di Indonesia.

Share
back to top