Motorola dikabarkan akan pakai chipset Exynos buatan Samsung

Exynos selama ini dikenal sebagai prosesor eksklusif yang hanya digunakan pada ponsel Samsung saja. Ke depannya hal tersebut akan berubah dengan rilisnya Motorola P40.

Motorola dikabarkan akan pakai chipset Exynos buatan Samsung Source: Google

Samsung punya chipset buatan sendiri yang mereka sebut Exynos. Chipset Exynos ini dikenal sebagai chipset eksklusif yang hanya digunakan pada perangkat milik Samsung saja. Namun jika hasil benchmark yang tertera dalam situs Geekbench benar, maka dipastikan kalau chipset Exynos bakal digunakan pada perangkat selain Samsung.

Dilansir dari PhoneArena (20/3), ponsel yang diisukan akan menggunakan chipset Exynos adalah Motorola P40. Ponsel ini diproyeksikan untuk menjadi suksesor P30 yang tahun lalu dirilis di China. Di kawasan Amerika, Motorola P30 hadir dengan nama berbeda, yakni Motorola P40.


BACA JUGA

Advan siapkan smartphone i6C dan tablet baru jelang Idul Fitri

10 smartphone pilihan di bawah 4 juta untuk Lebaran

Adu spesifikasi Asus ZenFone 6 Vs Samsung Galaxy S10+ dan Huawei P30 Pro


Belum lama ini, Motorola P40 muncul dalam situs Geekbench. Namun laman tersebut menunjukkan nama berbeda, yakni Motorola One Vision. Di sana tertera beberapa spesifikasi yang bakal dimiliki Motorola One Vision atau P40.

Alih-alih menggunakan Snapdragon 675 seperti yang dirumorkan, Motorola bakal mempercayakan performa mesinnya pada Exynos 9610. Untuk diketahui, chipset yang digunakan oleh Motorola ini akan sama dengan yang dimiliki Samsung Galaxy A50.

Exynos 9610 merupakan chipset terbaru Samsung yang diperkenalkan pada akhir 2019. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 10nm dengan delapan core. Empat diantaranya menggunakan Cortex-A73 berkecepatan maksimal 2.3 GHz dan empat Cortex-A53 yang beroperasi pada kecepatan 1.6 GHz.

Exynos 9610 mendukung kapasitas RAM hingga 6 GB. Chipset ini juga mendukung kamera dengan konfigurasi 24 MP atau dual kamera belakang 16 MP + 16 MP dan 24 MP kamera depan. Untuk diketahui, Samsung menghadirkan Exynos 9610 sebagai prosesor segmen menengah.

Sesuai dengan konfigurasi yang dimiliki Exynos 9610, Motorola P40 pun dikabarkan akan hadir dengan kapasitas RAM 6 GB. Tak hanya itu, ponsel ini akan berjalan pada sistem operasi Android 9 Pie. Sementara itu, spesifikasi lainnya masih belum diketahui.

Sebelumnya dikabarkan kalau Motorola  P40 akan hadir dengan bentang layar 6,2 inci dan baterai 4.132 mAh. Sedangkan memori internalnya diprediksi akan hadir dengan kapasitas 64 GB atau 128 GB. Sayangnya informasi ini kembali memasuki zona abu-abu setelah Geekbench merilis hasil benchmark Motorola P40 yang ternyata menggunakan chipset Exynos 9610. Ada kemungkinan Motorola akan memberikan kejutan dengan spesifikasi yang berbeda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: