sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 17 Nov 2023 13:51 WIB

Berkat layar Samsung, iPhone generasi baru akan punya baterai lebih irit

Apple iPhone generasi mendatang mungkin akan segera menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik. Ini dikarenakan oleh layar Samsung.

Berkat layar Samsung, iPhone generasi baru akan punya baterai lebih irit

Apple iPhone generasi mendatang mungkin akan segera menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik. Samsung Display rupanya berencana menggunakan material baru pada panel OLED-nya, yang seharusnya membuat layar lebih hemat energi.

Dilansir dari Gizmochina (16/11), Samsung Display berencana menyertakan bahan fosfor biru di layar OLED-nya. Material baru ini pada dasarnya akan mengurangi konsumsi daya panel, sehingga iPhone generasi berikutnya dapat memiliki masa pakai baterai yang lebih lama.

Sayangnya, layar baru ini mungkin tidak akan ditampilkan di perangkat hingga tahun 2026. Dengan kata lain, teknologi layar baru ini baru akan ditampilkan pada seri iPhone 18.

Bagi mereka yang belum menyadarinya, bahan fosfor merah dan hijau pada panel OLED memiliki efisiensi cahaya internal 100%. Namun, warna biru memiliki bahan fosfor yang memiliki efisiensi hanya 25%. Jadi menggantinya dengan bahan berpendar dapat membantu menurunkan penggunaan daya layar OLED baru. Samsung saat ini sedang mengerjakan pembuatan bahan fosfor biru ini.

Khususnya, material baru yang sedang dikembangkan oleh Samsung memiliki masa pakai sekitar 55% dari masa pakai material fluoresen biru yang digunakan pada material OLED M11. Ini adalah layar yang sama yang ditampilkan pada seri iPhone 13. Ini berarti teknologinya masih belum siap, dan analis UBI Yoon mencatat bahwa pengembangannya “tampaknya tidak berjalan mulus”. Perlu diingat bahwa ini masih merupakan laporan yang belum dikonfirmasi, jadi mungkin akan ada perubahan.

Share
×
tekid
back to top