Begini kalau Apple hingga Samsung ikut #10yearchallenge

Beberapa vendor ponsel ternama seperti Apple, Samsung dan Sony tak ketinggalan, terus mengembangkan teknologinya. Bagaimana jika mereka mengikuti #10yearchallenge ?

Begini kalau Apple hingga Samsung ikut #10yearchallenge (Foto: Techjaja)

Fenomena #10yearchallenge masih digandrungi banyak orang hingga saat ini. Tanda pagar (tagar/hastag) itu disertakan pada foto yang membandingkan gambar terkini (2019) dengan 10 tahun sebelumnya (2009). Berbagai kalangan mengikuti tantangan itu, sehingga Anda akan mendapati banyak gambar ketika mencari #10yearchallenge di media sosial.

Tak hanya manusia, teknologi juga terus berinovasi selama satu dekade terakhir. Begitu pula di ranah ponsel pinntar. Beberapa vendor ponsel ternama seperti Apple, Samsung dan Sony tak mau ketinggalan. Seperti apa transformasi ponsel pintar mereka dan bagaimana jadinya kalau mereka mengikuti #10yearchallenge ? Berikut ulasan yang Tek.id rangkum dari Phone Arena.


BACA JUGA

OPPO Reno 2 dengan 20x zoom akan meluncur akhir Agustus di India

Developer Tiongkok dominasi pasar smartphone Asia Tenggara

Disalip Realme di pasar lokal, ini tanggapan Advan


Apple

iPhone XS Max

2009 yang lalu Apple tengan berjuang memperkenalkan iPhone pertama yang dirilis dua tahun sebelumnya. Selain perubahan desain, Apple juga terus memperbarui sistem operasinya. Kini iPhone XS menjadi produk andalan Apple. Smartphone ini memiliki layar yang jauh lebih lebar dibanding iPhone 3GS. Tampilannya juga lebih premium dengan bezel sangat tipis.

Samsung

Samsung Note 9

Jajaran Samsung Galaxy tepat memasuki usia 10 tahun. Pada 2009, Samsung meluncurkan seri Galaxy pertamanya - Galaxy i7500. Kala itu ponsel tersebut sudah mendapat dukungan layar AMOLED 3,5 inci dan kamera 5MP. Ponsel ini juga menjasi smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi yang relatif baru kala itu, yakni Android.

10 tahun kemudian, seri Galaxy berkembang dengan sederet inovasinya. Saat ini, Note 9 menjadi smartphone andalan perusahaan. Tak lama lagi Samsung juga akan meluncurkan smartphone baru, sekaligus menandai 10 tahun Galaxy.

Nokia

Nokia

Nokia menjadi merek ponsel yang sempat berjaya. Di 2009, Nokia punya Nokia N900 yang spesifikasinya mumpuni ketimbang merek lain. Ponsel itu bahkan menjadi smartphone terbaik di tahun tersebut. Sayangnya sejumlah aplikasi Symbian menjadi kekurangan smartphone Nokia itu. Di 2019, Nokia akan merilis Nokia N9 sebagai smartphone andalannya. 

Sony

Sony

Satu dekade lalu ponsel Sony masih dikenal sebagai Sony Ericsson. Namun kala itu Sony belum menunjukkan minatnya pada Android. Karena itulah, mayoritas ponsel Sony kala itu menggunakan sistem operasi milik Sony (OSE), Windows Mobile dan Symbian S60. 

Di 2009, Sony meluncurkan Xperia X2 yang ditopang Windows Mobile. Layarnya 3,2 inci dengan keyboard Qwerty. Saat itu smartphone tersebut dinobatkan sebagai salah satu ponsel dengan kamera terbaik. Tahun ini Sony diprediksi akan menggebrak pasar dengan Xperia XZ4.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: