Apple luncurkan MacBook Air 2018, hadir dengan USB-C dan Touch ID

MacBook Air 2018 akan menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan dan akan dihargai Rp17 juta-an.

Apple luncurkan MacBook Air 2018, hadir dengan USB-C dan Touch ID MacBook Air 2018 (CNET)

Apple akhirnya memboyong perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu pengguna MacBook Air, yakni port USB type-C. Dalam acara peluncurannya pada Selasa (30/10) pagi waktu setempat, Apple memperkenalkan MacBook Air 2018, yang sekilas mirip dengan MacBook Pro 13,3 inci yang dirilis dua tahun lalu. Namun, secara ukuran, perangkat tersebut mendapat perbaikan desain yang membuat tampilannya lebih tipis dan terlihat lebih kece.

Laptop ini datang dengan layar Retina Display 13 inci dengan resolusi 4K, seperti MacBook Pro. Sayang, layar MacBook Air 2018 belum mendapatkan teknologi True Tone. Tapi, Anda akan mendapatkan kemampuan layar sentuh.

Layar ini dibalut dengan bezel yang sangat tipis. Ia tak setipis di iPhone XS, XS Max, atau XR. Oh iya, alih-alih menggunakan bezel plastik, Apple membungkus bezel-nya dengan kaca hitam, seperti laptop lain di zaman ini.

MacBook Air 2018 juga menggunakan keyboard generasi ketiga. Dari beberapa penjelasan Apple, diketahui keyboard ini akan memiliki suara yang lebih halus saat mengetik dan lebih tahan debu. 

Berbicara mengenai kualitas bodi, seperti yang Anda harapkan dari laptop di harga ini, kualitasnya terbaik. Semua bodi dari MacBook Air 2018 menggunakan aluminium daur ulang 100 persen. Ini kali pertama Apple menggunakan bahan daur ulang di lini laptop mereka.

Engselnya berasa sangat ringan, bahkan dapat diangkat dengan satu jari. Sebuah Touchpad besar, yang menggunakan teknologi Force Touch pun hadir. Ini pembaruan yang apik untuk para penggunanya.

Tak ketinggalan, The Verge (31/10) melaporkan bahwa di MacBook Air 2018 terdapat dua port USB-C, bukan Lightning. Bahkan, kedua port-nya sudah mendukung teknologi Thunderbolt. 

Aplle juga menyematkan Touch ID di bagian pojok kanan atas keyboard. Bagi sebagian orang, penambahan fitur ini sebuah keharusan, meski sebagian orang lain tidak melihat adanya keuntungan dari hadirnya teknologi ini.

Laptop yang ditenagai dengan prosesor Intel Core i5 generasi kedelapan ini akan hadir dalam model 8GB RAM dan 128GB SSD yang dihargai USD1199 atau Rp17 juta-an. Namun, para calon pengguna dapat melakukan upgrade MacBook Air mereka dengan spesifikasi RAM hingga 16GB dan SSD hingga 1,5TB.

Perangkat ini akan mulai dijual pada 7 November mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: