Apple ajukan paten lensa periskop

Apple dilaporkan mengajukan sebuah paten untuk konsep kamera periskop seperti yang digunakan pada Oppo Reno 10x Zoom dan Huawei P30 Pro.

Apple ajukan paten lensa periskop Source: Google

Apple dilaporkan mengajukan sebuah paten untuk konsep kamera pada iPhone yang akan datang. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini akan melibatkan konsep seperti periskop. Dalam paten tersebut, Apple menyebut desain ini sebagai “sistem lensa lipat” dengan tiga hingga lima lensa. 

Desain lensa periskop sebenarnya bukan hal baru lagi. Beberapa vendor sudah menerapkan konsep ini pada smartphone flagship mereka. Setidaknya ada Oppo Reno 10x Zoom dan Huawei P30 Pro yang menggunakan konsep seperti ini. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple iOS 13 mengirimkan beberapa data ke Tencent

Analis perkirakan iPhone SE 2 akan dibanderol USD399 (Rp5,6 jutaan)

Modem 5G Apple akan hadir pada 2022


Lensa periskop digunakan sebagai solusi dari terbatasnya ruang smartphone untuk penempatan kamera. Dengan konsep seperti ini, kamera smartphone dapat memiliki kemampuan optical zoom yang lebih besar dari smartphone pada umumnya. Bayangan dari kamera akan dipantulkan ke arah sensor yang terletak agak ke samping dari modul kameranya. 

Dilansir dari GSMArena (9/10), ada dua jenis konsep yang diajukan Apple. Pertama konfigurasi tiga lensa dan konfigurasi lima lensa. Konfigurasi tiga lensa menawarkan focal length 80mm dan 200mm. Ini setara dengan 35mm pada kamera fullframe. Sudut pandangnya diklaim berkisar di antara 18 hingga 28 derajat. Hal ini disebut bakal ideal untuk kamera telefoto. 

Sementara itu, konfigurasi lima lensa dapat digunakan sebagai kamera wide dengan sudut pandang 28 dan 41 derajat dengan focal length 50mm dan 85mm. Ini pun setara dengan 35mm. 

Dengan konsep seperti ini, Apple diperkirakan akan mengurangi tonjolan yang hadir pada modul kamera belakangnya. Namun kehadiran paten ini dalam sebuah produk komersial sampai saat ini masih belum dapat dipastikan. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: