Adu spesifikasi Redmi Note 7 dan Galaxy M20

Baik Galaxy M20 maupun Redmi Note 7 dijual mulai harga Rp2 jutaan. Lantas bagaimana dengan spesifikasinya?

Adu spesifikasi Redmi Note 7 dan Galaxy M20 (Foto: Tech Updates)

Samsung ikut latah menghadirkan smartphone berponi ke pasaran melalui seri Galaxy M. Selain memiliki poni, ponsel itu juga patut bersaing dengan vendor smartphone lainnya, berkat harganya yang cukup miring. Tak ayal jika Galaxy M20 dan Galaxy M10 mampu mencuri perhatian banyak kalangan.

Xiaomi sebelumnya lebih dulu memperkenalkan smartphone barunya bertajuk Redmi Note 7 di China. Ponsel itu dirilis sekaligus menandai debut Redmi sebagai merek independen. Melihat spesifikasi dan harganya yang terjangkau, Redmi Note 7 juga tak kalah menggoda pengguna. 


BACA JUGA

ROG Phone 2 jadi smartphone dengan Snapdragon 855 Plus pertama

Vivo dukung langkah kebijakan blokir IMEI pemerintah

Vivo luncurkan S1, smartphone buat kawula muda


Baik Galaxy M20 maupun Redmi Note 7 dijual mulai harga Rp2 jutaan. Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut ulasannya.

Desain & Tampilan

Hadirnya Galaxy M jelas bertujuan untuk memulihkan pertumbuhan bisnis smartphone kelas menengah Samsung yang tergerus oleh vendor China. Oleh karenanya Galaxy M20 hadir dengan notch, sebagaimana smartphone kelas menengah kekinian lainnya. Samsung memilih notch waterdrop sehingga rasio screen-to-body Galaxy M20 menjadi 19,5:9. Redmi Note 7 juga memiliki rasio screen-to-body yang sama. Bedanya, notch di Redmi Note 7 lebih membulat ketimbang M20. Ponsel Xiaomi itu juga memiliki fitur tahan air meski perusahaan belum menjelaskan bagaimana mekanismenya.

Soal tampilannya, baik Redmi Note 7 maupun Galaxy M20 berbekal layar 6,3 inci. Namun Samsung menggunakan jenis layar PLS TFT, sementara Redmi Note 7 IPS biasa. Tak ada perbedaan yang mencolok dari kedua jenis layar tersebut. Keduanya sama-sama menawarkan resolusi 1080 x 2340 piksel. Bezelnya juga hampir serupa dengan tingkat ketebalan nyaris sama. Dengan begitu keduanya menghasilkan sudut pandang yang semakin lega.

Spesifikasi dan harga Redmi Note 7

Dapur Pacu & Baterai

Galaxy M20 ditopang chipset Exynos 7904 Octa-core. Redmi Note 7 sendiri berbekal Snapdragon 660. Dilansir Phone Arena (6/2), chipset Qualcomm itu lebih kuat untuk diajak bermain gim dan menjalankan grafis, karena GPU yang lebih baik. Kendati demikian, keduanya bisa andal untuk bermain gim maupun menopang aktivitas pengguna sehari-hari.

Redmi Note 7 menawarkan konfigurasi RAM mulai dari 3GB hingga 6GB. Namun penyimpanan internal tak lebih besar dari 64GB. Pasalnya penyimpanan yang lebih lega hanya akan tersedia pada Redmi Note 7 Pro, varian yang lebih mahal. Begitu pula pada Samsung Galaxy M20, pelanggan bisa mendapatkan opsi RAM 3GB/32GB atau 4GB/64GB.

Selain perbedaan chipset, kedua smartphone ini juga berjalan pada sistem operasi di versi yang berbeda. Di Redmi Note 7, Anda sudah bisa mencicipi Android 9 Pie. Sementara di Galaxy M20, Anda harus menunggu pembaruan karena dirilis dengan OS Android Oreo.

Daya tahan baterai merupakan keunggulan milik Galaxy M20 dimana dayanya mencapai 5.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut mampu membuat smartphone bertahan hingga lebih dari dua hari. Redmi Note 7 sendiri berbekal baterai 4.000 mAh. Memang kapasitas ini juga cukup besar untuk sebuah smartphone, namun masih kalah ketimbang Galaxy M20.

Kamera

Redmi Note 7 menggembar-gemborkan fitur kamera ganda dengan konfigurasi 48MP (f/1.8) ditambah 5MP. Kamera ini juga didukung dengan fitur kecerdasan buatan. Redmi menggunakan sensor Ultra Clear Samsung ISOCELL sebagai sensor utamanya. Perusahaan mengklaim lensa Samsung tersebut mampu menangkap foto yang menawan meski dalam kondisi cahaya minim. Kamera depannya sendiri memiliki sensor 13MP yang juga didukung fitur kecerdasan buatan.

Sementara itu, Samsung Galaxy M20 dilengkapi sensor utama ganda 13MP (f/1.9) dan lensa ultra wide 5MP. Untuk aktivitas selfie akan diakomodir oleh sensor kamera depan sebesar 8MP yang memiliki bukaan f/2.0. Kamera depan ini juga bisa membantu pengguna mengabadikan foto dengan efek bokeh.

Di atas kertas, kamera Redmi Note 7 tampak lebih unggul. Dilansir Trak, secara keseluruhan kamera Redmi Note 7 memang lebih unggul, bahkan terlepas dari berbagai kondisi cahaya. Sedangkan kamera depan kedua ponsel bisa diandalkan, karena menawarkan selfie dengan sudut ultra-wide hingga fitur berbasis kecerdasan buatan.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy M20

Harga

Harga Galaxy M20 dan harga Redmi Note 7 tak terpaut jauh, bahkan hampir sama. Saat dirilis, Galaxy M20 dibanderol 10.990 Rupee (Rp2,1 juta) untuk varian RAM 3GB/32GB dan 12.990 Rupee (Rp2,5 juta) untuk varian RAM 4GB/64GB. Pelanggan bisa memilih varian warna Charcoal Black atau Ocean Blue untuk Galaxy M20.

Redmi Note 7 sendiri saat dirilis di China, dibandrol seharga CNY999 (Rp2 juta) untuk varian RAM 3GB/32GB, RAM 4GB/64GB seharga CNY1.199 (Rp2,5 juta), dan RAM 6GB/64GB seharga CNY1.399 (Rp2,9 juta). Kalau Sahabat Tek pilih mana?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: