sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Senin, 18 Sep 2023 14:03 WIB

4 hal yang dapat dilakukan Action Button iPhone 15 Pro

Action Button pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max memungkinkan pengguna untuk mengkustom tindakan yang dapat dilakukan hanya dengan satu kali tekan. 

4 hal yang dapat dilakukan Action Button iPhone 15 Pro
Source: iGeeks

Apple telah mengganti tombol senyap tradisionalnya, pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, dengan tombol Action Button yang ada di sisi kanan ponsel. 

Dengan tombol ini, pengguna memiliki opsi untuk mengkustom tindakan yang dapat dilakukan hanya dengan satu kali tekan. 

Action Button pertama kali diperkenalkan perusahaan dalam acara tahunan Apple yang digelar 13 September lalu, saat peluncuran seri iPhone 15. 

Meskipun seiring berjalannya waktu kemampuan Action Button pada seri iPhone 15 Pro akan berkembang, namun berikut empat hal paling menarik yang dapat dilakukan tombol tersebut saat ini. 

1. Mengambil foto atau video 

Salah satu fungsi Action Button yang mungkin paling bermanfaat untuk banyak pengguna adalah kemampuan mengambil foto atau video dengan cepat hanya sekali tekan. 

Memiliki tombol fisik untuk ditekan akan memudahkan pengguna mengambil bidikan yang telah dikomposisi sempurna, tanpa khawatir framing akan bergeser saat menekan tombol rana virtual layar 

Tombol ini juga berfungsi untuk kamera depan, sehingga akan lebih mudah untuk memegang iPhone 15 Pro dengan kuat saat mengambil foto selfie. 

2. Menyalakan senter 

Meskipun terdengar sederhana, namun memiliki tombol fisik untuk menyalakan lampu senter pada ponsel bisa sangat berguna. 

Di keadaan genting, mengakses tombol senter di dalam pengaturan layar mungkin sulit dan memerlukan beberapa detik - yang sangat berharga - untuk membuka layarnya. 

Di sisi lain, gestur pintasan seperti mengetuk dua kali layar untuk menyalakan senter seringkali terjadi secara tidak sengaja. 

Oleh sebab itu, dengan mengatur tombol Action Button sebagai pintasan untuk menyalakan lampu senter dapat menjadi pilihan yang tepat. 

3. Merekam audio 

Action Button dapat digunakan untuk merekam cuplikan audio dengan cepat menggunakan aplikasi Voice Memo. Hanya cukup satu kali pencet, pengguna dapat memulai dan menghentikan perekam suara. 

Tentunya, fungsi ini akan berguna bagi mereka yang ingin merekam suara dengan cepat tanpa terlewat banyak hal. Misalnya, untuk para jurnalis yang tiba-tiba bertemu narasumber dan mewawancarainya. 

4. Mengaktifkan mode Focus 

Action Button juga dapat digunakan untuk mengaktifkan mode Focus di iPhone, yang dapat digunakan untuk mematikan atau membatasi notifikasi selama jangka waktu tertentu agar pengguna dapat fokus pada pekerjaan mereka.  

Meskipun mode ini tidak sulit juga untuk diaktifkan, namun dengan mengaktifkannya secara manual dapat mendistraksi pengguna oleh notifikasi di layar kunci. 

Batasan pada Action Button 

Sayangnya, Action Button juga memiliki keterbatasan. Tombol ini hanya dapat digunakan untuk satu tindakan dalam satu waktu. 

Dikutip dari TechRadar (18/9), tidak ada cara untuk menggunakan kombinasi tekan dan ketukan untuk melakukan tindakan yang berbeda. 

Misalnya, mengetuk dua kali untuk membuka aplikasi kamera atau menekan lama untuk mengaktifkan mode Focus.  

Semoga saja, Apple dapat memperluas kemampuan Action Button aga dapat lebih dikonfigurasi dengan pembaruan perangkat lunak berikutnya. 

Share
×
tekid
back to top