VW bagikan platform mobil listrik ke Ford

Volkswagen dipastikan akan membagikan MEB Platform ke Ford. Dengan begini, mobil listrik Ford di masa depan akan memiliki basis yang sama seperti mobil listrik buatan VW.

VW bagikan platform mobil listrik ke Ford Source: Google

Volkswagen dilaporkan akan membagikan platform mobil listriknya ke pabrikan otomotif Ford. Kabarnya kedua perusahaan itu sudah menyusun beberapa kesepakatan yang nantinya akan mereka mantapkan dalam sebuah pertemuan pada 11 Juli mendatang. 

Dilansir dari Reuters (6/7), VW sebelumnya memang pernah menyatakan akan membuka platform MEB (Modular Electric Drive Matrix) kepada para kompetitornya. Namun kala itu, VW tidak menyebutkan secara spesifik siapa yang dimaksud dengan kompetitor itu. Dengan ini, mobil listrik Ford di masa depan akan memiliki basis yang sama dengan VW ID Crozz. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Hyundai kembangkan teknologi RANC demi kabin lebih sunyi

Mobil listrik Chevrolet punya suara mesin V8

Honda gabung Toyota, Mercedes, dan lainnya demi teknologi mobil otonom


“Pembicaraan kami dengan Volkswagen berlanjut. Sejumlah diskusi telah dilakukan di beberapa area. Kami akan membagikan update ketika detailnya sudah dipastikan,” ujar seorang juru bicara Ford kepada Reuters

Lanjutan kesepakatan ini, akan memiliki efek yang luas baik bagi perusahaan maupun industri mobil listrik pada umumnya. Di satu sisi, VW berhasil membuat salah satu kompetitor terbesarnya sebagai pelanggannya. Hal ini akan menjamin pengaruh besar mobil listrik dan mobil otonom dari VW. Sementara di sisi lain, Ford bisa mempercepat rencananya untuk beralih ke mobil listrik dan dapat memfokuskan diri untuk merampungkan desain yang lebih baik. 

Untuk diketahui, eksekutif VW menjanjikan adanya mobil listrik VW di tahun 2023 atau 2024 yang akan dibanderol lebih murah dari versi ID. Kabarnya mobil listrik model baru itu akan berada di kisaran harga USD23.000 (Rp323 juta). Perusahaan itu berniat untuk membuat mobil listrik terjangkau, artinya memiliki harga yang tidak jauh berbeda dari mobil konvensional. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: