Virgin Galactic dapatkan investasi USD800 juta

Perusahaan penerbangan Virgin Galactic menjadi perusahaan wisata luar angkasa pertama yang membuka sahamnya untuk publik. Perusahaan ini bahkan sudah mendapat investasi sebesar USD800 juta

Virgin Galactic dapatkan investasi USD800 juta Source: Google

Virgin Galactic akan menjadi perusahaan wisata luar angkasa pertama di dunia yang akan sahamnya dibuka untuk publik. Hal ini menjadi semakin jelas lantaran sebuah perusahaan publik bernama Social Capital Hedosophia Holdings Corp mengakuisisi saham Virgin Galactic sebanyak 49 persen. 

Dilansir dari TheVerge (9/7), kesepakatan antara perusahaan publik dengan Virgin Galactic melibatkan investasi sekitar USD800 juta. Investasi tersebut nantinya akan digunakan untuk mendanai pesawat ruang angkasa yang digunakan untuk mengangkut wisatawan ke orbit Bumi sampai akhirnya bisa mendatangkan keuntungan. 


BACA JUGA

NASA luncurkan program eksplorasi Saturnus di 2026

Boeing Starliner lulus tes, siap terbang ke ISS

Sistem laboratorium NASA diretas dengan komputer mini


Potensi pada industri pariwisata di luar angkasa mendorong lahirnya investasi tersebut. Namun perlu diketahui, Virgin Galactic membanderol tiket penerbangan itu dengan harga fantastis. Biaya per kursi yang ditawarkan untuk satu kali wisata ke luar angkasa adalah USD250.000 atau sekitar Rp3,5 miliar. 

Untuk diketahui, dalam beberapa tahun belakangan, wisata ke luar angkasa mulai ramai dibicarakan. NASA bahkan sudah menggandeng SpaceX dan Boeing untuk menjadi penyedia armada dalam wisata ke luar angkasa tersebut. 

SpaceX akan menggunakan Crew Dragon sementara Boeing punya Starliner untuk wisata ini. Keduanya dilaporkan sudah menyelesaikan tahap uji coba untuk membawa astronot ke luar angkasa. 

Belum diketahui bagaimana model wisata yang ditawarkan Virgin Galactic. Namun wisata yang digagas NASA akan membawa wisatawan dari Bumi dengan mengunjungi stasiun luar angkasa internasional (ISS). 

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: