sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Jumat, 08 Mar 2024 09:11 WIB

Tiongkok akan pasang CCTV di Bulan

Dalam sebuah informasi yang terdengar seperti film fiksi ilmiah, Tiongkok mungkin akan membawa sistem pengawasan nasionalnya ke pangkalan Bulan.

Tiongkok akan pasang CCTV di Bulan

Dalam sebuah informasi yang terdengar seperti film fiksi ilmiah, Tiongkok mungkin akan membawa sistem pengawasan nasionalnya ke pangkalan Bulan seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Tiongkok terkenal dengan jaringan pengawasannya yang luas, yang disebut Skynet.

“Pembangunan dan pengoperasian sistem pengawasan optik untuk Stasiun Penelitian Bulan (Internasional) dapat memanfaatkan pengalaman sukses…proyek Skynet Tiongkok,” Pusat Eksplorasi Bulan dan Rekayasa Luar Angkasa dari Badan Antariksa Nasional Tiongkok (CNSA) mengatakan dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir dari Petapixel.

Sistem pengawasan negara tersebut memiliki 600 juta kamera, rata-rata satu kamera untuk setiap dua warga negara Tiongkok dewasa dan mencakup hampir setiap sudut dan celah negara. Demikian pula, penggunaan kamera pengintai yang terhubung oleh Tiongkok dilaporkan akan menciptakan pemandangan yang mulus ke area pangkalan Bulan, menurut South China Morning Post. Publikasi tersebut juga menjelaskan bahwa pangkalan yang diusulkan akan membentang hingga radius 32 km, yang merupakan wilayah permukaan Bulan yang cukup besar.

Hal ini, menurut rencana yang disusun oleh CNSA, akan membantu Tiongkok mengoperasikan fasilitas tersebut dengan efisiensi yang lebih besar, sehingga memungkinkan mereka yang kembali ke Bumi untuk melacak area yang memerlukan pengawasan terus-menerus. Kamera-kamera tersebut diharapkan dilengkapi dengan “chip berbasis AI,” menurut South China Morning Post.

Namun surat kabar tersebut menunjukkan bahwa data dalam jumlah besar akan menghadapi hambatan dalam pengiriman bolak-balik, termasuk keterbatasan bandwidth. Ditambah lagi, kamera akan menghadapi kondisi yang lebih ekstrim dibandingkan di Bumi, terutama terkait suhu yang bervariasi.

Namun, Tiongkok telah berulang kali menghadapi pengawasan ketat atas tindakan pengawasannya. Banyak kritikus yang menyebutkan masalah privasi dan keamanan selama bertahun-tahun, masalah yang hanya dapat diperburuk melalui peningkatan penggunaan.

Meskipun pangkalan di Bulan kemungkinan akan memiliki kegunaan yang jauh berbeda dibandingkan di dalam negeri, masih harus dilihat bagaimana masyarakat akan menanggapi proposal tersebut. Jelas bahwa ini adalah proyek jangka panjang, yang dapat menentukan seperti apa pengembangan Bulan, tidak hanya untuk Tiongkok.

Share
×
tekid
back to top