sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Jumat, 13 Okt 2023 09:16 WIB

Startup asal Tiongkok bisa bikin mobil otonom berbiaya murah

Startup teknologi kendaraan otonom Tiongkok, Haomo.AI, yang didukung oleh Great Wall Motor, telah meluncurkan serangkaian perangkat canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS) murah.

Startup asal Tiongkok bisa bikin mobil otonom berbiaya murah

Startup teknologi kendaraan otonom Tiongkok, Haomo.AI, yang didukung oleh Great Wall Motor, telah meluncurkan serangkaian perangkat canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dirancang untuk merevolusi industri mengemudi cerdas di Tiongkok. Diluncurkan pada acara Hari AI ke-9, ketiga perangkat tersebut – HP170, HP370, dan HP570 – hadir dengan harga yang sangat murah, sehingga menjanjikan percepatan penerapan fitur berkendara cerdas secara luas di seluruh negeri.

Perangkat ADAS Haomo.AI, dengan harga mulai dari $410 (Rp6,5 juta), dirancang untuk secara signifikan mengurangi hambatan terhadap teknologi mengemudi cerdas. Kit HP170, dengan harga antara $400 (Rp6,3 juta) dan $550 (Rp8,7 juta), memungkinkan pengemudian otonom di jalan raya dan jalan tol, dilengkapi pengereman darurat otomatis dan parkir memori jarak pendek.

HP370, dengan harga mulai dari $700 (Rp11 juta) hingga $800 (Rp12,6 juta), memperluas dukungan untuk berkendara di kota dengan kemampuan menghindari rintangan secara cerdas. Terakhir, HP570, mulai dari $1.000 (Rp15,7 juta) hingga $1250 (Rp19,7 juta), menawarkan mengemudi otomatis di jalan perkotaan dan bantuan parkir yang komprehensif.

Dilansir dari Gizmochina (13/10), hal yang membedakan perangkat ADAS Haomo bukan hanya harganya yang terjangkau tetapi juga kinerjanya. Dengan daya komputasi mulai dari 5 Tops hingga 100 Tops dan sistem sensor yang canggih, kit ini menjanjikan bantuan yang andal tanpa bergantung pada peta berkualitas tinggi. Inovasi ini sejalan dengan visi Haomo untuk memanfaatkan perkiraan penetrasi fitur mengemudi cerdas sebesar 70% di Tiongkok pada tahun 2025.

Pengenalan perangkat ADAS berbiaya rendah ini menandai kemajuan signifikan dalam sektor kendaraan otonom. Ketua Haomo.AI, Zhang Kai, menyatakan bahwa produk ADAS mobil penumpang HPilot generasi kedua dijadwalkan untuk diintegrasikan ke dalam kendaraan produksi pada tahun 2023 dan 2024. Haomo.AI bertujuan untuk memanfaatkan solusi terjangkau ini untuk menargetkan pasar mengemudi cerdas yang berkembang pesat, dengan tujuan untuk meningkatkan penetrasi fitur berkendara otonom Level 2 ke atas di Tiongkok.

Pergerakan menuju teknologi mengemudi cerdas mencerminkan tren yang lebih luas di industri otomotif Tiongkok. Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok melaporkan bahwa 35% kendaraan listrik sepenuhnya dan hybrid plug-in yang dikirimkan pada paruh pertama tahun 2023 dilengkapi dengan sistem penggerak otonom yang setara dengan Level 2 ke atas.

Para analis percaya bahwa permintaan akan kendaraan cerdas di Tiongkok, yang didorong oleh faktor-faktor seperti jalanan yang padat dan perjalanan perkotaan yang panjang, telah mempercepat adopsi sistem self-driving secara umum.

Investor Haomo.AI, Great Wall Motor, produsen Sport Utility Vehicle (SUV) terbesar di Tiongkok, mendukung visi startup tersebut untuk masa depan kecerdasan otomotif. Rencana perusahaan untuk berekspansi ke luar negeri, termasuk mendirikan pabrik perakitan mobil listrik di Vietnam pada tahun 2025, menandakan dampak global dari langkah inovatif Tiongkok dalam industri kendaraan listrik dan pintar.

Share
×
tekid
back to top