sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
Sabtu, 09 Mei 2020 08:11 WIB

SpaceX paparkan perubahan desain baru Starlink

Setelah dinyatakan mengganggu aktivitas astronom, SpaceX memberikan dua desain baru untuk satelit Starlink agar tidak lagi mengganggu lingkungan orbit rendah Bumi.

SpaceX paparkan perubahan desain baru Starlink
Source: TechnologyReview

Setelah dinyatakan keberatan oleh International Astronomical Union, kini SpaceX siap merincikan perubahan desain pada satelit Starlink yang sebelumnya dianggap mengganggu aktivitas astronom. Mereka prihatin dengan Starlink yang diluncurkan di orbit rendah Bumi tidak seperti satelit lainnya dan dapat berdampak pada objek yang mereka pantau.

"Desain satelit Starlink didorong oleh fakta bahwa mereka terbang pada ketinggian yang sangat rendah dibandingkan dengan satelit komunikasi lainnya," kata SpaceX dalam siaran pers yang dikutip dari Digital Trends (9/5), “Kami melakukan ini untuk memprioritaskan keselamatan lalu lintas luar angkasa dan untuk meminimalkan latensi sinyal antara satelit dan pengguna yang mendapatkan layanan internet darinya. Karena ketinggian rendah, gaya hambat merupakan faktor utama dalam desain.”

Perusahaan sedang mempertimbangkan dua perubahan desain satelit untuk mengurangi masalah refleksi pada sinar matahari yang merupakan faktor yang dipermasalahkan International Astronomical Union. Pertama, satelit akan menggunakan material berbeda yang bersifat kurang reflektif, yang disebut DarkSat. Kedua, satelit akan dilindungi oleh pelingung matahari untuk membelokkan sinarnya dari satelit. Ini juga akan membantu mengurangi radiasi infrared yang disebabkan ketika cat hitam satelit menyerap panas matahari.

Pelindung matahari ini akan pertama kali diluncurkan pada bulan ini, dan mulai diaplikasikan ke semua satelit yang akan diluncurkan pada Juni mendatang. Selain itu, SpaceX akan mengubah manuver satelit saat hendak masuk ke orbit. Manuver baru akan membuat permukaan – entah bagian mana – lebih sedikit terkena sinar matahari langsung yang seharusnya dapat mengurangi refleksi.

Dalam upaya mengurangi gangguan-gangguan pada orbit rendah Bumi ini, SpaceX telah bekerja dengan para peneliti astronomi yang termasuk dalam organisasi Vera C. Rubin Observatory.

Share
×
tekid
back to top