sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 16 Jan 2023 10:34 WIB

SpaceX kurangi efek astronomis satelit Starlink

National Science Fondation (NSF) mengumumkan telah mencapai kesepakan dengan SpaceX untuk membatasi efek yang dikeluhkan para astronom.

SpaceX kurangi efek astronomis satelit Starlink
Source: Unsplash/Forest Katsch

Ribuan satelit Starlink telah diluncurkan ke orbit rendah Bumi oleh SpaceX. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran oleh para astronom karena satelit milik SpaceX ini ditakutkan akan 'mengotori' langit yang seharusnya gelap dan sunyi untuk kepentingan studi ilmiah terkait astronomi.

Namun baru-baru ini, National Science Fondation (NSF) mengumumkan telah mencapai kesepakan dengan SpaceX untuk membatasi efek tersebut. Perjanjian tersebut berfokus pada pita astronomi radio 10,6 – 10,7 GHz, dan SpaceX setuju untuk mengambil langkah-langkah seperti tidak memancarkan dari satelit ketika melewati stasiun astronomi radio utama.

Untuk diketahui, frekuensi radio adalah salah satu hal yang dipermasalahkan oleh para astronom. Satelit dirancang untuk beroperasi pada frekuensi radio tertentu, namun mereka dapat mengeluarkan radiasi di luar pita itu dalam fenomena yang disebut frekuensi berdarah. 

Astronom radio harus berurusan dengan banyak kebisingan radio latar belakang dari Bumi untuk memilih sinyal redup dari objek jauh yang mereka amati, dan memiliki banyak satelit di langit membuatnya lebih sulit.

Meski tidak terikat secara hukum, tetapi perjanjuan itu menunjukkan bahwa kedua kelompok berusaha bekerja sama untuk mengaktifkan internet satelit global dan memungkinkan pengamatan astronomi tidak terganggu. 

“Kami sedang menyiapkan panggung untuk kemitraan yang sukses antara usaha komersial dan publik yang memungkinkan penelitian ilmiah penting berkembang bersama komunikasi satelit,” kata Direktur NSF Sethuraman Panchanathan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari DigitalTrends (16/1).

Share
×
tekid
back to top