Seberapa berat galaksi Bima Sakti?

Pernahkan terpikir, seberapa berat galaksi Bima Sakti tempat planet Bumi berada? Lantas apa hubungannya dengan alam semesta?

Seberapa berat galaksi Bima Sakti? Source: Google

Seberapa berat Galaksi Bima Sakti? Mungkin itu suatu hal yang mustahil untuk diketahui, terutama dari Bumi yang berukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti. Namun sejumlah astronom ternyata memiliki cara sendiri untuk melakukannya. Menggunakan data dari teleskop Hubble dan satelit Gaia untuk membuat pengukuran yang paling akurat.

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan, diketahui bahwa massa galaksi Bima Sakti berada di kisaran 1,5 miliar massa matahari. Untuk diketahui, jika satu massa matahari dikonversi ke massa Bumi, hasilnya sekitar 333.000 massa bumi.


BACA JUGA

Peneliti temukan virus aktif kembali dalam tubuh astronot

Toyota akan mendarat di bulan

NASA kucurkan Rp594 juta untuk pelajari cuaca luar angkasa


Fakta baru pun ditemukan. Sebagian besar massa Bima Sakti tersebut justru tidak terlihat. Di Bima Sakti, jumlah bintang bisa mencapai ratusan ribu. Jumlah itu ternyata hanya mewakili beberapa persen massa galaksi. Bahkan lubang hitam paling besar yang ada di pusat galaksi hanya berukuran 4 juta massa matahari.

Sisa dari massa matahari tersebut merupakan materi gelap yang sampai saat ini masih misterius. Meski materi gelap tidak terlihat, namun keberadaannya bisa dideteksi dengan meneliti kecepatan benda-benda langit yang mengorbit di galaksi Bima Sakti.

Semakin berat massa sebuah galasi, maka semakin cepat pula benda yang mengorbitnya. Berdasarkan teori ini para astronom kemudian melacak kecepatan benda-benda langit tersebut dan bekerja untuk menghitung massa Bima Sakti. Benda yang dimaksud di sini adalah gugusan bintang kuno yang mengorbit galaksi.

Data dari teleskop Hubble dan satelit Gaia digunakan untuk mengukur seberapa cepat lusinan klaster bintang tersebut bergerak melintasi langit. Kedua teleskop ini digunakan karena memiliki karakteristik berbeda namun saling melengkapi. Hubble hanya dapat melihat area yang relatif kecil namun dengan jarak yang lebih jauh. Sementara Gaia dapat melihat angkasa dengan jangkauan lebih lebar tetapi dengan jarak yang terbatas.

Meski terlihat kurang penting, namun Roeland van der Marel, seorang peneliti menyatakan bahwa dengan mengetahui massa galaksi secara pasti, maka dapat menjawab beberapa pertanyaan kosmik yang selama ini berkembang.
 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: