sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Feb 2022 09:39 WIB

Rover Perseverance rayakan 1 tahun di Mars

Tepat satu tahun yang lalu atau 18 Februari 2021, rover Perseverance NASA pertama kali mendarat di Mars.

Rover Perseverance rayakan 1 tahun di Mars

Rover Perseverance NASA hari ini (18/2) menandai 1 tahun mendarat di Planet Merah, Mars, mencari bukti kehidupan purba. Seperti diketahui, rover Perseverance mendarat pada 18 Februari 2021 di kawah Jezero, dasar danau kuno yang mengindikasikan tanda-tanda kehidupan purba di planet tersebut.

Dalam rangka merayakan 1 tahun Perseverance, NASA menggelar sesi tanya jawab langsung kepada para ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory. Mereka juga mengadakan perayaan siaran langsung di YouTube yang akan dimulai pukul 16:00 waktu setempat, atau sekitar 10:00 WIB siang ini.

Terlepas dari itu, Perseverance tidak mendarat di Mars sendirian. Kendaraan penjelajah itu ditemani oleh helikopter mini Ingenuity, pesawat pertama yang terbang di planet tersebut pada 19 April 2021. 

Ingenuity mencatatkan lebih dari 12 penerbangan di Mars. Penerbangannya ini memberikan data dan pengalaman penting tentang cara mengoperasikan pesawat drone otomatis, yang dapat menjadi acuan penerbangan di planet lain.

Untuk diketahui, NASA akan menjalankan misi eksplorasi baru yang disebut Dragonfly pada 2026 mendatang, dan direncanakan mendarat di Saturnus, Titan pada 2034. Titan adalah dunia yang sangat kaya akan bahan organik dan bahkan memiliki siklus air sendiri dari presipitasi metana, kumpulan metana cair di permukaan, dan penguapan.

Tag
Share
×
tekid
back to top