sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 02 Jan 2023 11:16 WIB

Rover Perseverance NASA dapat produksi oksigen di Mars

MOXIE yang ada di rover Perseverance bertujuan untuk menghasilkan oksigen dari karbon dioksida Mars yang melimpah, membuka jalan untuk bagi astronot untuk mendarat di planet merah itu.

Rover Perseverance NASA dapat produksi oksigen di Mars

Di bagian dalam rover Perseverance yang saat ini sedang menjelajahi Kawah Jezero di Mars, terdapat sebuah kotak kecil yang menanggung pekerjaan besar. Yap, itu adalah Mars Oxygen In Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE.

MOXIE bertujuan untuk menghasilkan oksigen dari karbon dioksida Mars yang melimpah, membuka jalan untuk menguji sumber daya bagi misi berawak ke Planet Merah di masa mendatang. Jadi, 

Sebelumnya pada Agustus, MOXIE berhasil menguji produksi oksigen tercepat, menghasilkan lebih dari 10,44 gram oksigen per jam. Perangkat ini bekerja dengan mengambil karbon dioksida dari atmosfer, menggunakan listrik, dan mengubahnya menjadi oksigen dan karbon monoksida. Karbon monoksida dapat dilepaskan dan oksigen disimpan — membuat sistem seperti sel bahan bakar berjalan terbalik.

Dilansir dari Digital Trends (2/12), MOXIE baru-baru ini dijalankan kembali dan berhasil melampaui pencapaian sebelumnya. Tercatat pada 28 November, MOXIE menghasilkan 10,56 gram per jam, sebagai tonggak terbaiknya. 

Meskipun tidak berarti banyak oksigen untuk sebagian besar penggunaan, namun ini menunjukkan bahwa MOXIE, yang bekerja dalam skala kecil, dapat ditingkatkan menjadi jauh lebih besar dan lebih efisien.

Menurut NASA, sistem berskala lebih besar dapat bekerja 200 kali lebih cepat daripada MOXIE dan dapat menghasilkan oksigen selama lebih dari setahun. Dan MOXIE dapat menjadi jalan untuk misi berawak yang akan datang.

“Delapan tahun telah berlalu sejak Saya mulai mengerjakan MOXIE sebagai mahasiswa pascasarjana di MIT,” tulis anggota tim sains MOXIE, Forrest Meyen. “Selama waktu itu, Saya telah berkembang dengan proyek ini dan mendedikasikan karir saya untuk menemukan dan memanfaatkan sumber daya luar angkasa. Saya memanfaatkan momen ini untuk bergembira dan merenungkan ketekunan yang diperlukan untuk menciptakan teknologi dasar untuk lompatan kita selanjutnya ke kosmos.”

Tag
Share
×
tekid
back to top