sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Kamis, 18 Mar 2021 08:30 WIB

Rover Perseverance bersiap terbangkan helikopter Ingenuity

Menerbangkan helikopter Ingenuity yang diletakkan di bawah perut rover Perseverance adalah salah satu misi penjelajahan Mars.

Rover Perseverance bersiap terbangkan helikopter Ingenuity
Source: NASA

NASA baru saja mengumumkan berita terbaru terkait rover Perseverance yang kini ada di Mars. Kabarnya Perseverance sedang bersiap untuk melepaskan sebuah helikopter seberat 1,8 kilogram dari perutnya. Helikopter yang disebut Ingenuity ini, diharapkan dapat merekam kondisi permukaan Mars dari jarak pandang yang berbeda. 

Didesain oleh Rotocraft senilai USD 85 juta, Ingenuity akan menjadi pelopor dalam pendekatan baru untuk menjelajahi planet lain. Berdasarkan demonstrasi, helikopter drone tersebut akan melakukan lima penerbangan uji coba musim semi ini. Dua kamera di bagian bawah diperuntukkan untuk merekam permukaan Mars dari atas saat ia terbang.

Perusahaan mengumumkan, tim helikopter sudah memilih lokasi untuk penerbangan. Lepas landas pertama diprediksi terjadi paling cepat pada minggu pertama April. Jika rencana berhasil, Ingenuity dapat menghasilkan video luar biasa lainnya, setelah Perseverance beberapa waktu ini membagikan penampakan dari planet merah tersebut. 

Keberhasilan Ingenuity juga akan menjadi pertanda baik untuk misi masa depan yang berupaya menjelajah planet berair seperti Jupiter dan Saturnus menggunakan teknologi helikopter. 

Karena komunikasi antara Bumi dan Mars membutuhkan waktu beberapa menit, pengontrol tidak dapat mengarahkan penerbangan Ingenuity secara real time. Maka dari itu, para insinyur sudah merancang dan memprogram helikopter untuk dapat melakukan penerbangan mandiri lima kali, dalam rentang waktu 30 hari di Mars.

Penerbangan pertama Ingenuity hanya akan menguji apakah helikopter bisa turun beberapa kaki dari tanah, melayang sekitar 30 detik, dan mendarat kembali. Setiap tes akan meningkat lebih sulit dan puncaknya akan ditandai dengan penerbangan 300 meter dari permukaan Mars. 

Setelah Ingenuity menyelesaikan penerbangannya, Perseverance akan memulai misi utama, yakni melintasi bekas delta sungai mencari tanda-tanda dna mikroba kuno.

Tag
Share
×
tekid
back to top