sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Kamis, 24 Des 2020 09:11 WIB

Perseverance akan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021

Rover Perseverance yang Juli lalu lepas landas dari Bumi ke Mars, diperkirakan mendarat pada 18 Februari 2021.

Perseverance akan mendarat di Mars  pada 18 Februari 2021
Source: NASA

Juli lalu, NASA telah meluncurkan rover Perseverance ke Mars. Setelah berhasil lepas landas dari Bumi, kini tinggal menunggu beberapa bulan lagi untuknya menyelesaikan perjalanan 300 juta mil ke permukaan Planet Merah. NASA memperkirakan, rover penjelajah itu mendarat di Mars pada 18 Februari 2021.

NASA Jet Propulsion Laboratory mengunggah sebuah cuplikan video satu menit dengan judul "Mission Trailer" di YouTube. Dalam cuplikan video, terdapat perkiraan tanggal Perseverance mendarat, yaitu pada Kamis, 18 Februari 2021. Ini akan menjadi momen menegangkan bagi para ilmuwan yang terkait. Pasalnya, tidak mudah untuk berhasil mendarat di Mars. Hanya sekitar 40% dari semua misi Mars dari badan antariksa manapun yang berhasil sampai di Mars. Jika berhasil menginjakkan kaki di Kawah Jezero, Mars, selanjutnya Perseverance akan mengumpulkan informasi iklim dan geologi, sampel batuan dan tanah, serta tanda-tanda kehidupan mikroba di sana.

Untuk diketahui, Jezero merupakan kawah besar dengan lebar sekitar 28 mil (45 kilometer) di utara ekuator Mars. Kawah tersebut mempunyai sebuah danau yang menurut para ilmuwan merupakan salah satu tempat paling ideal untuk menemukan bukti kehidupan mikroba purba. Dikutip dari situs resmi NASA (24/12), jika kehidupan ada di tempat lain di tata surya kita, maka kemungkinan besar itu ada di Kawah Jezero.

Perseverance memiliki lengan robotik yang dapat mengambil sampel, lalu memasukkannya ke sebuah tabung yang juga dibawa bersamaan. Pada misi mendatang, sampel batuan tanah yang sudah dikumpulkan Perseverance akan dibawa kembali ke Bumi. Namun, misi ini tidak mudah melihat kemungkinan kendaraan pembawanya akan terbakar di tengah perjalanan, yaitu atmosfer.

“Mengembalikan sampel Mars ke Bumi telah menjadi tujuan para ilmuwan planet sejak masa-masa awal era luar angkasa, dan penyelesaian kesuksesan dari poin kunci keputusan MSR ini merupakan langkah penting berikutnya dalam mengubah tujuan ini menjadi kenyataan. MSR adalah kampanye yang kompleks, dan merangkum esensi dari perintis eksplorasi ruang angkasa - mendorong batas kemampuan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang tempat kita di alam semesta,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk sains NASA di markas besar NASA, Washington.

Tag
Share
×
tekid
back to top