sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Senin, 05 Jul 2021 16:58 WIB

NASA uji navigasi otonom untuk Perseverance di Mars

Rover Perseverance di Mars akan dapat mengemudi dan menavigasikan sendiri tanpa bantuan kontrol manual dari Bumi.

NASA uji navigasi otonom untuk Perseverance di Mars

Rover penjelajah, Perseverance hingga saat ini masih aktif berkelana di permukaan Mars, lebih tepatnya di kawah Jezero. Menurut laporan terbaru, para insinyur NASA sedang mencoba kemampuan baru yang memungkinkan rover menavigasi dirinya sendiri tanpa bantuan pengemudi ahli di Bumi.

Selama ini, rover dikemudikan oleh pengemudi rover di Jet Propulsion Laboratory NASA, salah satunya ialah Vandi Verma. Dia menggunakan kacamata 3D untuk memvisualisasikan dan merencanakan rute mengemudi. 

Namun selanjutnya, rover diharapkan dapat lebih sering melakukan navigasi dengan sendirinya. Untuk diketahui, rover memiliki sistem mengemudi otomatis yang disebut AutoNav. Ini menggunakan peta medan 3D untuk merencanakan rute yang aman dan menghindari rintangan untuk dilewati.

Dengan demikian, Perseverance seharusnya mampu mengemudi sendiri tanpa staf pendukung di Bumi yang mengarahkan secara manual. Meski demikian, mereka tetap akan mengawasi dengan hati-hati untuk memastikan rute yang dipilih aman.

“Kami memiliki kemampuan yang disebut berpikir saat mengemudi,” kata Verma. “Rover memikirkan penggerak otonom saat rodanya berputar.

Dilansir dari Digital Trends (5/7), kemampuan ini digunakan untuk mempercepat gerak rover. Perlu diketahui, menavigasi rover dari Bumi secara manual membutuhkan banyak waktu. Itu sebabnya, rover hanya bisa bergerak lebih dari 200 meter dalam sehari. Namun dengan kemampuan navigasi otonom ini, Perseverance mungkin bisa melaju secepat 120 meter per jam.

“Kami mempercepat AutoNav empat atau lima kali lipat,” kata Michael McHenry, pemimpin domain mobilitas dan bagian dari tim perencana rover JPL. "Kami mengemudi lebih jauh dalam waktu yang jauh lebih sedikit daripada yang ditunjukkan Curiosity."

Sebagai perbandingan, rover Curiosity, yang memiliki perangkat keras hampir mirip dengan Perseverance tetapi tidak memiliki sistem AutoNav baru, saat ini melaju dengan kecepatan sekitar 20 meter per jam. Para insinyur rover berharap bahwa peningkatan kecepatan ini akan membantu Perseverance dalam mencari bukti kehidupan kuno di planet merah itu.

Tag
Share
×
tekid
back to top