sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Senin, 06 Nov 2023 15:42 WIB

NASA temukan asteroid dengan satelit alami

NASA menemukan bahwa asteroid bernama Dinky sebenarnya memiliki bulannya sendiri. Satelit alami itu memiliki ukuran lebih kecil.

NASA temukan asteroid dengan satelit alami
NASA/Goddard/SwRI/Johns Hopkins APL/NOAO

Pesawat luar angkasa Lucy dari NASA, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 untuk menjelajahi asteroid Trojan yang terperangkap di dekat Jupiter, telah membuat penemuan menarik. Dilansir dari Engadget (6/11), pesawat luar angkasa tersebut menemukan sebuah asteroid, bernama Dinky, yang sebenarnya memiliki asteroid lebih kecil yang mengorbitnya. Ini pada dasarnya adalah bulan yang memiliki bulan.

Istilah teknis di sini adalah pasangan asteroid biner dan Dinky, yang bernama asli Dinkinesh, ditemukan oleh Lucy saat terbang cepat. Saat itulah pesawat ruang angkasa melihat “bulan” kecil yang mengorbitnya.

“Biner tentu saja merupakan suatu kemungkinan,” Jessica Sunshine, ilmuwan planet di Universitas Maryland, sebagaimana dilansir dari Engadget. “Tetapi itu tidak diharapkan, dan ini sangat keren.”

Bahkan, pesawat Lucy tidak seharusnya menemukan sesuatu yang penting. Itu hanyalah uji coba bagi tim untuk mengasah keterampilannya sebelum menyelidiki asteroid Trojan yang mengorbit matahari di depan dan di belakang Jupiter.

Tim ingin memastikan Lucy berhasil berlabuh pada batu luar angkasa, bahkan ketika kedua benda tersebut bergerak sangat cepat. Dan ini berhasil. Hal Levinson, seorang ilmuwan planet di Southwest Research Institute dan peneliti utama misi Lucy, mengatakan bahwa tes tersebut “sangat berhasil.”

Mengenai Dinky dan satelitnya, yang berukuran kecil, perjalanan penyelidikan para ilmuwan NASA masih panjang, karena hanya sekitar sepertiga dari data relevan yang telah dikirim ke Bumi. NASA telah merilis serangkaian gambar yang menunjukkan Dinky dan bulan semunya, tetapi belum ada data sebenarnya.

Meski demikian, kita bisa mengetahui banyak hal tentang kedua benda langit tersebut. Terdapat punggung bukit ekuator yang terlihat di bagian utama Dinky alias Dinkinesh dan garis punggung bukit sekunder yang bercabang darinya.

Asteroid induknya tertutup kawah, kemungkinan besar disebabkan oleh banyak tumbukan asteroid lain. Levinson mengatakan masih banyak lagi gambar yang dihasilkan dari satelit sekunder dan gambar-gambar ini menunjukkan bahwa ada beberapa hal “menarik” yang terjadi pada asteroid junior. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa bentuknya “sangat aneh.”

Pasangan asteroid biner bukanlah hal yang langka, karena para peneliti telah menemukan bahwa sekitar 15% asteroid dekat Bumi memiliki pasangan orbital yang unik. NASA dan peneliti afiliasinya masih menunggu lebih banyak data tentang pasangan tersebut, termasuk gambar berwarna dan spektroskopi yang dapat memberikan lebih banyak petunjuk tentang kedua asteroid tersebut. Levinson mengatakan “ada banyak hal keren yang akan datang.”

Share
×
tekid
back to top