sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 17 Jan 2023 12:51 WIB

NASA minta bantuan publik 'tuk identifikasi planet baru

Di luar tata surya Bima Sakti, ada banyak planet yang mengorbit dengan bintang lain, yang disebut Exoplanet dalam ekstrasurya. 

NASA minta bantuan publik 'tuk identifikasi planet baru
Credit: NASA/Bill Dunford

Sejak dini, kita dikenalkan dengan delapan planet dalam tata surya Bima Sakti, dari Merkurius hingga Neptunus. Namun di luar tata surya tersebut, ada banyak planet yang mengorbit dengan bintang lain, yang disebut Exoplanet dalam ekstrasurya. 

Penelitian terhadap Exoplanet telah dilakukan NASA dan organisasi antariksa lainnya, termasuk menggunakan alat baru seperti James Webb Space Telescope. Namun baru-baru ini, NASA meminta bantuan publik untuk mempelajari lebih lanjut Exoplanet yang terdeteksi dalam program Exoplanet Watch.

“Dengan Exoplanet Watch, Anda dapat mempelajari cara mengamati Exoplanet dan melakukan analisis data menggunakan perangkat lunak yang digunakan ilmuwan NASA sebenarnya,” kata Rob Zellem, pencipta Exoplanet Watch dan astrofisikawan di Jet Propulsion Laboratory NASA, dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Digital Trends (17/1). 

Proyek Exoplanet Watch memiliki dua bagian, satu melibatkan pengamatan bagi mereka yang memiliki akses ke teleskop, dan satu melibatkan identifikasi Exoplanet dalam data yang ada. 

Meskipun tidak memiliki akses ke peralatan selain komputer atau ponsel cerdas, Anda masih dapat membantu mempelajari planet ekstrasurya dengan meminta akses ke data yang dikumpulkan oleh teleskop robot dan membantu analisis data. 

Hal ini diperlukan karena mengamati planet ekstrasurya yang lewat di depan bintang induknya - dalam peristiwa yang disebut transit - hanyalah setengah dari tantangan untuk menemukan planet baru. Transit ini menghasilkan penurunan kecerahan bintang, tetapi penurunan ini sangat kecil, biasanya kurang dari 1% kecerahan bintang.'

Oleh karena itu, transit perlu diamati berkali-kali secara manual untuk mengetahui orbit planet. Tugas utama ini, memerlukan bantuan manuasia, di mana komputer masih kurang mampu mengerjakannya, seperti mengenali pola, menganalisis lebih banyak data untuk kecepatan penemuan, serta karakterisasi planet ekstrasurya yang dapat ditingkatkan.

Untuk bergabung dalam program, Sahabat Tek bisa mengikuti instruksi di situs web Exoplanet Watch. Di sana akan dijelaskan cara melakukan analisis data, melalui langkah-langkah yang juga digunakan peneliti untuk melakukan pekerjaan ini. 

Program Exoplanet Watch sebenarnya telah berjalan sejak 2018, tetapi hanya tersedia untuk kalangan terbatas. Baru-baru ini, aksesnya diperluas untuk publik, yang bertujuan untuk melibatkan orang-orang baru dalam astronomi serta mengumpulkan lebih banyak data. 

“Saya harap program ini mengurangi hambatan sains bagi banyak orang dan menginspirasi generasi astronom berikutnya untuk bergabung dengan bidang kami,” kata Zellem.

Tag
Share
×
tekid
back to top