sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Selasa, 28 Sep 2021 11:32 WIB

NASA akan hentikan seluruh operasi Mars, ini alasannya

Konjungsi Matahari adalah fenomena alam yang tidak bisa dihindari, di mana Matahari menghalangi garis lurus dari Bumi ke Mars.

NASA akan hentikan seluruh operasi Mars, ini alasannya
Source: NASA

Selama beberapa minggu ke depan, semua rover yang ada di Mars akan dibiarkan bertahan hidup sendiri, dengan tidak menerima perintah atau komunikasi apapun dari Bumi. Ini termasuk rover Perseverance NASA dan rover Zhurong milik Tiongkok yang paling baru mendarat di Mars.

Rover memiliki tugas mengeksplorasi tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Kendaraan penjelajah ini memanfaatkan satelit yang mengorbit di Mars agar bisa berkomunikasi dengan tim yang ada di Bumi. Namun, satelit yang mengorbit di Mars tidak selalu berjalan lancar.

Setiap dua tahun sekali, terdapat fenomena astronomi yang dikenal sebagai solar conjunction atau konjungsi Matahari. Fenomena ini terjadi ketika Matahari menghalangi garis lurus dari Bumi ke Mars, sehingga plasma Matahari dan angin menciptakan gangguan pada sinyal radio dan data yang dapat memengaruhi rover di Mars.

Oleh sebab itu, NASA dan China National Space Administration yang rover-nya secara aktif beroperasi di Mars mengaktifkan “stealth mode.” Dengan kata lain, tidak akan ada perintah yang dikirim ke rover dari Bumi selama waktu ini, untuk menghindari gangguan yang dapat merusak komunikasi rover dengan tim.

Komunikasi yang rusak dapat menyebabkan modifikasi berbahaya dan memicu perilaku yang tidak diinginkan pada rover. NASA yang lebih dari dua dekade mengeksplorasi Mars, sudah akrab dengan fenomena ini dan akan menutup operasi pada 1 Oktober hingga 13 Oktober. Di sisi lain, Tiongkok sudah lebih dulu menutup seluruh komunikasi dengan Mars sejak 13 September.

Curiosity, Perseverance, Insight, Ingenuity, dan Zhurong - empat rover yang masih aktif di Mars - akan bertahan sendiri di planet merah tersebut tanpa arahan apapun. Mereka akan beradaptasi dan melakukan apa yang harus dilakukan menurut instingnya sendiri, yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh para insinyur..

Apa yang terjadi setelah konjungsi Matahari berakhir?

“Seperti orang tua yang membesarkan anak-anak untuk bertanggung jawab dan membiarkan mereka pergi berlibur singkat dengan teman-teman mereka, mereka telah melakukan semua yang mereka bisa untuk memastikan anak akan pulang dengan sehat dan aman," kata NASA.

Menurut badan antariksa Tiongkok, interferensi radiasi elektromagnetik dari konjungsi Matahari memaksa pengorbit dan rover masuk ke mode aman. 

Tag
Share
×
tekid
back to top