sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 06 Mar 2024 11:01 WIB

Mobil otonom Baidu berhasil melintasi Sungai Yangtze

Layanan ride-hailing otonom Baidu, Apollo Go, menjadi yang pertama di Tiongkok yang menawarkan perjalanan tanpa pengemudi melintasi Sungai Yangtze.

Mobil otonom Baidu berhasil melintasi Sungai Yangtze

Belum lama ini Baidu mengumumkan pencapaian terobosan di bidang mengemudi otonom. Layanan ride-hailing otonom Baidu, Apollo Go, menjadi yang pertama di Tiongkok yang menawarkan perjalanan tanpa pengemudi melintasi Sungai Yangtze. Prestasi luar biasa ini tidak hanya menyoroti kemampuan Baidu dalam teknologi otonom namun juga menandakan perluasan jangkauan operasional yang signifikan.

Layanan tersebut, yang kini beroperasi di kota Wuhan, memiliki armada mengesankan yang dengan mudah menavigasi lanskap kompleks yang dihadirkan oleh 11 jembatan yang menghubungkan tepi utara dan selatan Sungai Yangtze.

Dilansir dari Gizmochina (5/3), jembatan Sungai Yangtze Yangsigang dan Jembatan Baishazhou Wuhan berfungsi sebagai demonstrasi keunggulan teknologi Apollo Go, yang secara mulus menghubungkan wilayah utara dan selatan Wuhan dan meningkatkan aksesibilitas bagi 14 juta penduduknya.

Pencapaian ini terjadi seiring dengan kinerja keuangan Baidu yang kuat, seperti yang diungkapkan dalam laporan triwulanan terbarunya. Pada kuartal keempat, sekitar 45% pesanan Apollo Go di Wuhan dipenuhi oleh kendaraan yang sepenuhnya otonom, angka yang melampaui angka 50% pada bulan Januari.

Selain itu, Apollo Go menyediakan 839.000 perjalanan pada kuartal terakhir saja, menandai peningkatan substansial sebesar 49% dari tahun ke tahun, dengan total perjalanan melebihi 5 juta pada awal Januari.

Menatap tahun 2024, Baidu mempertahankan fokus strategisnya dalam mencapai titik impas operasional Apollo Go, dengan rencana untuk mereplikasi keberhasilan operasinya di Wuhan dalam wilayah lain.

Perjalanan Baidu dalam mengemudi otonom dimulai pada tahun 2013, dan selama dekade terakhir, perusahaan telah mendedikasikan sumber daya yang signifikan untuk penelitian dan pengembangan, dengan memprioritaskan inovasi teknologi untuk kesuksesan jangka panjang.

Hingga saat ini, sistem penggerak otonom Baidu Apollo yang canggih telah menyelesaikan lebih dari 90 juta kilometer pengujian, menempatkan perusahaan tersebut sebagai pemimpin global dalam paten mengemudi otonom tingkat tinggi, dengan portofolio mengesankan yang mencakup lebih dari 5.000 paten.

Share
×
tekid
back to top