sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 06 Mar 2024 12:12 WIB

Microsoft mengakhiri dukungan untuk aplikasi Android di Windows

Microsoft mengumumkan penghentian dukungan untuk aplikasi Android di Windows, termasuk Amazon Appstore pada 5 Maret 2025.

Microsoft mengakhiri dukungan untuk aplikasi Android di Windows

Microsoft mengumumkan penghentian dukungan untuk aplikasi Android di Windows, termasuk Amazon Appstore, yang merupakan bagian dari Windows Subsystem for Android (WSA). Langkah ini diklaim sebagai respons terhadap "kebutuhan pelanggan yang berkembang".

Fitur ini pertama kali diumumkan pada tahun 2021 sebagai bagian dari Windows 11, yang diharapkan dapat menjalankan aplikasi Android. Namun, pengguna akan memiliki waktu setahun sebelum Amazon Appstore dan aplikasi Android lainnya di Windows 11 dihentikan pada 5 Maret 2025. 

Penghentian ini merupakan perubahan dalam strategi Microsoft dalam menyajikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dengan fokus pada inovasi teknis baru. Meskipun demikian, keputusan ini juga dapat dipahami sebagai tanggapan terhadap harapan pengguna akan pengalaman Google Play Store, bukan hanya varian Amazon yang dinilai memiliki pilihan aplikasi yang kurang memadai.

Seorang juru bicara Microsoft menjelaskan kepada Engadget (6/3) mengapa fitur ini sekarang dihentikan. "Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang, kami secara berkala memperbarui penawaran produk kami," kata mereka.

"Hal ini melibatkan memperkenalkan inovasi teknis baru dan menghentikan produk. Microsoft tetap berkomitmen untuk platform dan ekosistem yang terbuka, dan kami berharap untuk terus membawa pengalaman dan aplikasi terbaik ke Windows."

Amazon juga memberikan klarifikasi bahwa Appstore mereka tidak akan lagi tersedia di Microsoft Store mulai hari ini. Sementara itu, pengembang tidak dapat lagi mengirimkan aplikasi baru untuk Appstore Amazon di Windows, tetapi mereka yang sudah memiliki aplikasi dapat terus mengirimkan pembaruan hingga setahun ke depan.

Sementara itu, Microsoft juga tengah bersiap-siap untuk peluncuran perangkat baru pada tanggal 21 Maret mendatang. Diperkirakan Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan menjadi sorotan, dengan kemungkinan Microsoft memasarkannya sebagai PC pertama mereka yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Dengan demikian, sementara Microsoft mengakhiri dukungan untuk aplikasi Android di Windows, mereka juga terus berusaha memberikan pengalaman terbaik dan terus berinovasi untuk menjaga ekosistem Windows yang terbuka.

Share
×
tekid
back to top