sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Sabtu, 07 Mar 2020 12:32 WIB

Mengenal Maxar, perusahaan pembuat robot NASA

Maxar merupakan perusahaan teknologi antariksa yang telah berkerjasama dengan NASA membuat lengan-lengan robotik pada rovernya.

Mengenal Maxar, perusahaan pembuat robot NASA
Source: Seek Vector

Pencarian tanda-tanda kehidupan di luar Bumi masih menjadi usaha NASA. Setidaknya satu rover (kendaraan penjelajah) yang berhasil mendarat di Mars bekerja dengan baik dan telah menjelajahi Gale Crater (suatu daerah di Mars) sejak tahun 2012.

Di balik rover yang diciptakan untuk kepentingan antariksa tersebut, terdapat peran penting sebuah perusahaan teknologi antariksa yang membuat lengan robotnya, yaitu Maxar Technologies.

Perusahaan yang berpusat di Colorado, Amerika Serikat ini telah mengembangkan dan meggunakan teknologi satelit sejak 1969. Sejak zaman Apollo, Maxar sudah membuat lengan robot dengan total lebih dari 75. Setidaknya 5 lengan robotik yang telah mendarat di Mars merupakan buatan Maxar.

Walaupun Maxar mengaku masih terlalu sulit baginya untuk menggapai bintang-bintang, perusahaan ini tetap menjalankan kemitraannya dengan NASA.

“Saya menyebutnya kemitraan kolaboratif. Selama bertahun-tahun ketika NASA telah berubah, apa yang menjadi tujuan mereka, apa yang diminta oleh mereka, kami hanya akan mengikutinya,” kata Lucy Condakchian, General Manager Robotics Maxar, dikutip dari Engadget.

Maxar juga berperan dalam memantau permukaan planet dan saat ini sedang mengembangkan sebuah lengan robotik yang dapat digunakan pada orbit untuk melayani dan memperbaiki satelit yang menua, seperti Spider untuk program NASA Restore-L. Namun daerah tersebut memiliki tantangan yang lebih unik dibandingkan di sisi planet. Itu menyediakan serangkaian tantangan unik dibandingkan dengan operasi di sisi planet. Radiasi yang ada dapat menghalangi pengarahan pada lengan robot tersebut. Dan perubahan suhu juga dapat mengancam bahan baku robot.

Perjalanan rover Persevernce milik NASA yang akan diterbangkan Juli nanti juga akan membawa lengan robot Maxar yang bernama Sample Handling Assembly (SHA). Jika pendaratan ini berhasil, maka lengan robot ini menjadi yang keenam mendarat di Mars.

Share
back to top