Medan magnet matahari 10 kali lebih kuat dari yang diketahui

Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkap fakta bahwa ternyata medan magnet matahari lebih kuat 10 kali dari yang diketahui selama ini.

Medan magnet matahari 10 kali lebih kuat dari yang diketahui Source: NASA

Sebuah studi baru yang dilakukan di Universitas Belfast dan Universitas Aberystwyth menyatakan bahwa medan magnet matahari ternyata 10 kali lebih kuat daripada yang selama ini diperkirakan.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati lidah api matahari pada 10 September 2017 menggunakan Teleskop Surya di Observatorium Roque de los Muchacos. Melalui penelitian ini, Dr David Kuridze, peneliti di Universitas Aberystwyth dapat menentukan bahwa medan magnet yang diukur ternyata lebih besar dari pengukuran yang dilakukan sebelumnya.


BACA JUGA

Superkomputer bisa tampilkan jutaan alam semesta virtual

Teleskop terbesar di dunia sebentar lagi selesai dibuat

NASA turun tangan bantu perusahaan penerbangan antariksa


Dilansir dari NewAtlas (1/4), penelitian ini bukan sekadar kepentingan akademis saja, namun lebih menyentuh kehidupan sehari-hari. Untuk diketahui, medan magnet matahari menentukan batas sistem tata surya kita. Biasanya, butuh waktu delapan menit bagi medan magnet tersebut untuk mencapai bumi.

Sejumlah dampak diberikan medan magnet matahari kepada manusia, misalnya mempengaruhi cuaca dan iklim, kompas magnet, GPS dan komunikasi radio. Bahkan badai medan magnet dari matahari dapat cukup kuat untuk melumpuhkan seluruh pembangkit listrik di satu benua.

Masalahnya adalah, tidak ada instrumen yang cukup akurat untuk mengukur medan magnet matahari. Di bumi, instrumen pengukuran itu sangat terbatas, apalagi dengan adanya atmosfer bumi yang cenderung membendung serangan medan magnet dari matahari. Namun para peneliti ini cukup beruntung untuk memperoleh gambaran jelas mengenai seberapa kuat medan magnet matahari tersebut.

Kuridze mengatakan bahwa timnya mengamati Matahari selama 10 hari. Mereka berhasil menangkap pendaran besar dan menganalisa struktur di dalam korona. Ia menghitung bahwa medan magnet Matahari ternyata 10 kali lebih kuat dari yang diyakini selama ini. Sebagai pembanding, kuatnya medan magnet ini setara dengan kekuatan magnet di lemari pendingin atau 100 kali lebih kecil dari pemindai MRI.

“Semua yang terjadi di atmosfer luar matahari didominasi oleh medan magnet. Sayangnya kamu hanya memiliki sedikit pengukuran mengenai kekuatan dan karakteristiknya,”ujar Kuridze.

Ia juga menambahkan, ini adalah kali pertama para peneliti tersebut mampu mengukur medan magnet matahari dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: