sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Selasa, 14 Des 2021 13:26 WIB

Komunikasi radio terputus, NASA Ingenuity istirahat di Mars

Setelah penerbangan ke-17 Ingenuity pada Minggu, 5 Desember, terjadi gangguan pada hubungan radio antara helikopter Ingenuity dengan rover Perseverance di Mars.

Komunikasi radio terputus, NASA Ingenuity istirahat di Mars
Source: NASA

Ingenuity, helikopter mini di Mars akan beristirahat selama beberapa hari, sambil menunggu para insinyur NASA memperbaiki masalah yang mengganggu komunikasi antara heli dengan mitra rovernya, Perseverance.

Setelah penerbangan ke-17 Ingenuity pada Minggu, 5 Desember, terjadi gangguan pada hubungan radio antara helikopter dengan rover. Masalah terjadi selama fase pendaratan Ingenuity. Ini berarti, tim di Bumi tidak mengetahui apakah helikopter mendarat dengan selamat atau tidak.

Namun, 15 menit kemudian, rover menerima konfirmasi bahwa helikopter masih aman. Insinyur NASA menganalisis data telemetri yang tersedia dan menemukan bahwa masalah pada hubungan radio disebabkan oleh garis pandang di antara mereka. Perseverance tidak berada di lokasi yang seharusnya ketika penerbangan dilakukan, sehingga menyebabkan terputusnya komunikasi radio.

Dalam pembaruan di blog resmi Ingenuity yang di-posting minggu ini, Teddy Tzanetos, pemimpin program Ingenuity mengatakan bahwa informasi tambahan dari Ingenuity telah diterima oleh Perseverance. 

“Data terbatas yang diterima menunjukkan daya di atas helikopter sangat baik, yang menunjukkan bahwa ia berada dalam posisi tegak, memungkinkan susunan suryanya secara efisien memberi daya pada enam baterai lithium-ionnya,” tulisnya. “Namun, masalah garis pandang yang sama, tim percaya bahwa komunikasi yang terhambat pada akhir Penerbangan 17 masih mencegah sebagian besar paket data (termasuk citra dari penerbangan) untuk diteruskan kembali ke rover – dan kemudian ke Bumi.”

Tim sekarang sedang menunggu hingga data tersebut dapat ditransfer, yang diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Tag
Share
×
tekid
back to top