sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Kamis, 21 Des 2023 08:13 WIB

Kawasaki ciptakan sepeda motor hidrogen berbasis Ninja H2 SX

Kawasaki baru-baru ini memamerkan purwarupa sepeda motor bermesin hidrogen pertamanya. .

Kawasaki ciptakan sepeda motor hidrogen berbasis Ninja H2 SX

Kawasaki telah melakukan lompatan besar menuju masa depan transportasi ramah lingkungan. Perusahaan tersebut baru-baru ini memamerkan purwarupa sepeda motor bermesin hidrogen pertamanya, sebuah langkah yang sejalan dengan tren yang berkembang di dunia otomotif menuju kendaraan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Inisiatif ini merupakan bagian dari kolaborasi Kawasaki dengan pemain besar lainnya di industri, termasuk Honda, Suzuki, Toyota, dan Yamaha, di bawah konsorsium HySE. Upaya bersama mereka merupakan respons terhadap kebutuhan mendesak akan netralitas karbon, sebuah tujuan yang semakin penting dalam menghadapi tantangan iklim global.

Dilansir dari Gizmochina (21/12), purwarupa yang didasarkan pada Kawasaki Ninja H2 SX ini mengusung desain yang berangkat dari skema warna tradisional Kawasaki, menampilkan nuansa biru menenangkan yang selaras dengan logo HySE. Pilihan estetika ini lebih dari sekadar pernyataan gaya; ini melambangkan masa depan yang tenang dan bersih yang dijanjikan oleh kendaraan bertenaga hidrogen.

Menariknya, upaya Kawasaki dalam memanfaatkan tenaga hidrogen bukan hanya upaya tunggal tetapi merupakan bagian dari tren yang lebih luas di kalangan produsen sepeda motor besar. Perusahaan-perusahaan ini secara bertahap mengalihkan fokus mereka ke sumber energi alternatif, menyadari potensi hidrogen sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan dan efisien.

Kendaraan bertenaga hidrogen menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan mesin bensin tradisional. Teknologi itu tidak menghasilkan emisi apa pun saat digunakan, dan hanya air yang menjadi sisa pembakarannya. Karakteristik ini menjadikannya pilihan yang menarik untuk mengurangi polusi dan memitigasi dampak perubahan iklim. Selain itu, pengisian bahan bakar hidrogen bisa jauh lebih cepat dibandingkan pengisian baterai, sehingga menawarkan keuntungan praktis bagi pengguna.

Namun, perjalanan menuju masa depan bertenaga hidrogen bukannya tanpa tantangan. Infrastruktur bahan bakar hidrogen masih dalam tahap awal, dan diperlukan investasi yang signifikan agar bahan bakar ini dapat diakses secara luas. Selain itu, produksi hidrogen juga harus lebih berkelanjutan agar menjadi solusi yang benar-benar ramah lingkungan.

Share
×
tekid
back to top