sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 09 Des 2021 09:45 WIB

Intip gambar batuan Mars yang diambil oleh Curiosity

Curiosity menangkap lanskap bukit dan batuan yang ada di planet Mars, dengan detail tekstur permukaan batu yang terlihat jelas.

Intip gambar batuan Mars yang diambil oleh Curiosity

Mars terkenal sebagai planet yang kering dan berbatu, dan dua foto baru dari rover NASA Curiosity membuktikan kebenaran tersebut. Curiosity menjelajahi Mars sejak 2012 dan mengungkap banyak rahasia sejak saat itu. Rover sebelumnya menemukan bukti cairan purba, mendeteksi karbon organik di bebatuan planet, dan menangkap ratusan ribu foto di sepanjang jalan.

Dalam kumpulan gambar terbarunya yang dikirim pada 7 Desember, Curiosity menangkap lanskap bukit dan batuan yang ada di planet tersebut. Foto pertama menampilkan pemandangan secara luas, yang mencakup bukit pasir dan pemandangan langit Mars yang cenderung gelap.

Tidak hanya menunjukkan gambar secara luas, Curiosity juga menangkap banyak detail halus, seperti bertekstur kasar, garis-garis di atasnya, serta berbagai warna batu meskipun foto hanya tampil hitam putih.

Gambar kedua menunjukkan formasi batuan yang sama namun dari sudut yang lebih dekat. Sehingga, detail dalam gambar lebih jelas terlihat. Ini mengungkapkan garis yang tak terhitung jumlahnya pada seluruh permukaan batu. Kemungkinan, garis ini disebabkan oleh angin atau badai pasir yang sering terjadi di Mars. Formasi batuan mungkin sudah berumur jutaan tahun di Mars. 

Terlepas dari itu, lanskap batuan Mars bukanlah sesuatu yang kebanyakan manusia bisa lihat dengan mata kepala sendiri, tapi berkat Curiosity, semua orang dapat melihat bagaimana kondisi Mars. Tidak hanya Curiosity, rover Perseverance yang lebih muda dari Curiosity juga sedang mencari bukti kehidupan purba di planet merah tersebut.

Tag
Share
×
tekid
back to top