sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Kamis, 28 Des 2023 14:07 WIB

Mobil listrik pertama dengan baterai natrium-ion akan hadir Januari 2024

JAC Motors, produsen mobil Tiongkok yang didukung Volkswagen, akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) produksi massal pertama dengan baterai natrium-ion.

Mobil listrik pertama dengan baterai natrium-ion akan hadir Januari 2024

JAC Motors, produsen mobil Tiongkok yang didukung Volkswagen, akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) produksi massal pertama dengan baterai natrium-ion melalui merek baru Yiwei. Meskipun teknologi baterai natrium-ion memiliki kepadatan yang lebih rendah (dan kurang matang) dibandingkan baterai lithium-ion, biayanya yang lebih rendah, pasokan yang lebih melimpah, dan kinerja cuaca dingin yang unggul dapat membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik secara massal.

Dilansir dari Engadget (28/12), pengiriman hatchback JAC Yiwei akan dimulai pada bulan Januari. Yiwei adalah merek baru pada tahun 2023 untuk JAC. Volkswagen memiliki 75% saham (dan kendali manajemen) JAC dan memiliki 50% perusahaan induk JAC, Anhui Jianghuai Automobile Group Holdings (JAG). Pemerintah Tiongkok memiliki separuh saham JAG lainnya, menjadikannya salah satu pasangan asing di industri otomotif.

Mobil listrik Yiwei tampaknya merupakan versi baru dari hatchback Sehol E10X, yang diumumkan awal tahun ini. CarNewsChina menggambarkan model Sehol memiliki jangkauan 252 km dengan kapasitas 25 kWh, kepadatan energi 120 Wh/kg, pengisian daya 3C hingga 4C, dan sel HiNa NaCR32140.

Ketika JAC mengungkapkan merek Yiwei pada bulan Mei, mereka mengatakan akan menghapus label Sehol dan mengubah merek semua kendaraannya menjadi JAC atau Yiwei, yang membawa kita pada pengungkapan mobil listrik tersebut minggu ini. JAC belum mengatakan apakah model bermerek Yiwei akan tetap menggunakan nama E10X.

Pada bulan April, JAC memamerkan mobil listrik terpisah yang disebut Yiwei 3 di Shanghai Auto Show. Model tersebut diluncurkan pada bulan Juni dengan baterai lithium LFP, menjanjikan varian natrium-ion akan diluncurkan nanti.

Mobil listrik Yiwei baru kabarnya menggunakan sel natrium-ion berbentuk silinder dari Baterai HiNA. JAC merakit baterai dalam struktur sarang lebah modular UE (Unitized Encapsulation), mirip dengan CTP (cell-to-pack) dari CATL dan Blade BYD. Tata letaknya dapat memberikan stabilitas dan kinerja yang lebih baik.

Share
×
tekid
back to top