Ilmuwan China bisa ubah tembaga jadi emas

Ini merupakan terobosan besar dalam proses terbentuknya emas yang dapat mengubah cara logam mulia digunakan dalam suatu industri.

Ilmuwan China bisa ubah tembaga jadi emas Source: Pexels

Emas adalah salah satu bahan yang paling dicari di Bumi, sehingga menciptakan logam mulia tersebut dari bahan lain termasuk pencapaian besar, misalnya, tembaga. Dilansir dari BGR (29/12), beberapa ilmuwan asal China dikabarkan berhasil mengubah tembaga yang ‘berperilaku’ seperti emas dalam kondisi tertentu.

Dalam sebuah makalah penelitian baru yang diterbitkan Science Advances, tim peneliti China menjelaskan bagaimana mereka menggunakan semburan gas argon terhadap atom tembaga yang ketika didinginkan akan membentuk butiran kecil, sehingga berperilaku sangat mirip dengan emas di bawah tekanan tinggi.


BACA JUGA

Wahana NASA Mars 2020 akan dilengkapi kemampuan robotik baru

Ini bukan stiker, tapi sensor tubuh

Ilmuwan coba implan otak dengan teknologi LED


Sifat-sifat partikel tembaga yang baru terbentuk diuji dalam proses industri, biasanya disisakan untuk logam yang jauh lebih berharga, seperti emas. Tembaga yang diubah secara kimia terbukti mampu bertindak sebagai katalis dengan cara yang sama seperti emas atau perak. Ini merupakan terobosan besar dalam proses terbentuknya emas yang dapat mengubah cara logam mulia digunakan dalam suatu industri.

“Nano partikel tembaga mencapai kinerja katalitik yang sangat mirip dengan emas atau perak. Hasilnya membuktikan bahwa setelah diproses, tembaga dapat berubah dari ‘ayam’ menjadi ‘burung phoenix’,” kata pemimpin peneliti.

Emas sangat populer di berbagai industri karena sifatnya yang unik. Kelangkaan emas dan banyak kegunaannya merupakan faktor yang paling bertanggung jawab atas biaya tinggi dan nilainya. Jika para ilmuwan dapat dengan mudah menghasilkan logam tersebut, tentu saja dapat menghasilkan penghematan sangat besar.

Meski metode yang digunakan di sini tidak mengubah tembaga menjadi emas secara keseluruhan, fakta bahwa para peneliti telah memberikan partikel tembaga kemampuan untuk berlaku seperti emas dalam kondisi tertentu memang sangat mengesankan, dan tentu saja akan sangat menggembirakan untuk melihat bagaimana pekerjaan para ilmuwan tersebut lebih berkembang di masa mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: