sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 17 Mei 2024 10:59 WIB

Hyundai dan ITB perkuat riset untuk perintah suara berbasis AI dalam mobil

Dengan riset ini, Hyundai dan ITB berambisi untuk menghadirkan fitur perintah suara yang tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Hyundai dan ITB perkuat riset untuk perintah suara berbasis AI dalam mobil

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengumumkan kelanjutan kerjasama riset mereka dalam pengembangan fitur perintah suara berbasis kecerdasan buatan (AI). Kolaborasi ini bertujuan untuk menciptakan fitur perintah suara interaktif yang lebih intuitif dan responsif untuk mobil-mobil Hyundai di masa depan.

Riset bersama ini merupakan bagian dari inisiatif yang dimulai sejak tahun 2023 dan akan terus berlanjut untuk beberapa tahun ke depan. Penelitian ini fokus pada pengumpulan data yang akan menjadi dasar pengembangan fitur perintah suara yang tidak hanya canggih tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pengguna di Indonesia.

Bong Kyu Lee, President Director of PT HMMI, menyatakan kepuasannya atas kerjasama yang telah terjalin dengan ITB. “Kami yakin bahwa melalui kolaborasi berkelanjutan ini, kami dapat mengintegrasikan teknologi AI Hyundai dengan kearifan lokal Indonesia untuk menciptakan solusi mobilitas yang inovatif,” kata Lee.

Dari sisi akademis, ITB berkomitmen untuk menghasilkan inovasi yang mencerminkan kelokalan namun tetap berstandar global. “Proyek ini tidak hanya menggunakan teknologi terkini, tetapi juga mempertimbangkan keunikan masyarakat Indonesia sebagai pengguna teknologi,” kata Sugeng Joko Sarwono, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB.

Kolaborasi ini juga melibatkan para supplier lokal, di mana HMMI berharap dapat meningkatkan kapabilitas penelitian dan pengembangan komponen mereka. Ini adalah langkah strategis yang diharapkan dapat memberikan manfaat luas bagi ekosistem industri otomotif di Indonesia.

Dengan riset ini, Hyundai dan ITB berambisi untuk menghadirkan fitur perintah suara yang tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, tetapi juga menyediakan penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam upaya Hyundai untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan mewujudkan visi mobilitas masa depan yang lebih baik.

Share
×
tekid
back to top