sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Kamis, 24 Agst 2023 09:03 WIB

Huawei Mate 60 bakal dukung panggilan suara via satelit

Huawei kini sedang mengembangkan seri Mate 60 yang juga diharapkan memiliki konektivitas satelit. .

Huawei Mate 60 bakal dukung panggilan suara via satelit
Huawei Mate 50

Seri Huawei Mate 50 dirilis tahun lalu dengan dukungan komunikasi satelit. Namun, ponsel ini hanya dapat mengirim pesan melalui satelit dan tidak dapat melakukan panggilan apa pun. Huawei kini sedang mengembangkan seri Mate 60 yang juga diharapkan memiliki konektivitas satelit. Ponsel mendatang itu bahkan mungkin mendukung panggilan suara berkat chip power amplifier baru.

Seri Huawei Mate 60 diharapkan memiliki chip power amplifier (PA) dari produsen chip asal China. Dilansir dari Gizmochina (24/8), chip PA ini dirancang khusus untuk sistem komunikasi seluler satelit Tiantong-1. Sistem satelit tersebut dapat digunakan untuk komunikasi suara, transmisi gambar, penentuan posisi yang tepat, dan pelaporan data.

Chip PA memainkan peran penting dalam perangkat yang menggunakan fitur satelit ini. Mereka saat ini terintegrasi ke dalam seri Mate X3 dan P60 Huawei, keduanya mendukung komunikasi satelit dua arah melalui SMS. Chip ini memperkuat sinyal frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh sirkuit terpadu komunikasi (RF-IC) ke tingkat keluaran yang diperlukan dan menyuplainya ke antena. Proses amplifikasi ini penting untuk memungkinkan komunikasi satelit yang efektif, termasuk panggilan suara.

Chip PA mendatang itu akan diintegrasikan ke dalam seri Huawei Mate 60 diduga tidak diproduksi oleh Huawei; sebaliknya, perusahaan telah mempercayakan tanggung jawab ini kepada pembuat chip Tiongkok yang dirahasiakan. Meskipun belum dikonfirmasi pada saat ini, penyertaan chip ini menunjukkan bahwa smartphone Huawei Mate 60 mungkin mendukung panggilan suara melalui satelit.

Jika data ini benar, maka akan menjadi contoh pertama panggilan suara melalui konektivitas satelit pada smartphone. Untuk memberikan konteks tertentu, Apple iPhone 14 hanya mendukung panggilan SOS darurat melalui satelit.

Share
×
tekid
back to top