sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Kamis, 19 Okt 2023 08:16 WIB

Foxconn dan NVIDIA kolaborasi untuk pabrik canggih berbasis AI

Foxconn dan NVIDIA telah menjalin kemitraan inovatif untuk masa depan berbasis kecerdasan buatan (AI).

Foxconn dan NVIDIA kolaborasi untuk pabrik canggih berbasis AI
Source: Reuters

Foxconn Technology Group, produsen kontrak elektronik terbesar di dunia, dan NVIDIA, inovator terkemuka dalam komputasi AI, telah bekerja sama untuk merevolusi masa depan manufaktur. Diumumkan pada pameran teknologi tahunan Foxconn di Taipei, kemitraan ini berpusat pada penciptaan pusat data mutakhir, yang disebut “pabrik AI,” menggunakan chip dan perangkat lunak AI canggih dari NVIDIA.

Pabrik-pabrik AI tersebut, yang merupakan konsep pionir dalam bidang manufaktur intelijen, akan memanfaatkan chip AI kelas atas NVIDIA, termasuk super chip GH200, dalam upaya memproses data dari kendaraan listrik otonom. Dilansir dari Gizmochina (19/10), visi strategisnya melibatkan peningkatan berkelanjutan pada perangkat lunak untuk mobil self-driving dan aplikasi berbasis AI lainnya.

Jensen Huang, CEO NVIDIA, membayangkan masa depan di mana setiap industri mendapat manfaat dari pabrik AI, yang akan memungkinkan pengumpulan data dari kendaraan otonom dan memfasilitasi update perangkat lunak di seluruh armada.

Kolaborasi ini dibangun berdasarkan kemitraan sebelumnya antara Foxconn dan NVIDIA, yang diumumkan pada bulan Januari, yang berfokus pada pengembangan platform kendaraan otonom. Sebagai bagian dari inisiatif ini, Foxconn akan memproduksi unit kontrol elektronik berdasarkan sistem-on-a-chip DRIVE Orin NVIDIA untuk pasar global. Perusahaan-perusahaan tersebut mendorong batasan-batasan manufaktur berbasis AI, yang bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan teknologi self-driving namun juga mengeksplorasi penerapannya di kota-kota pintar dan manufaktur pintar.

Foxconn, yang bertransisi dari perusahaan jasa manufaktur menjadi perusahaan solusi platform, telah mengungkapkan rencana ambisius di sektor kendaraan listrik. Perusahaan itu baru-baru ini meluncurkan van kargo listriknya, Model N, dengan target pasar di India dan Jepang.

Foxconn sedang berdiskusi dengan 14 pelanggan potensial untuk kendaraan listriknya, yang menargetkan 5% pangsa pasar kendaraan listrik global dan pendapatan sebesar $33 miliar dari kendaraan listrik dan komponen pada tahun 2025. Aspirasi jangka panjang mereka sungguh inovatif: memproduksi hampir setengah dari kendaraan listrik di dunia.

Sementara itu, saham NVIDIA telah melonjak pada tahun 2023, mencapai nilai pasar yang mengejutkan yaitu lebih dari $1 triliun, didorong oleh peran penting chipnya dalam berbagai aplikasi AI. Meskipun terdapat pembatasan regulasi terhadap super chip GH200 di Tiongkok, kolaborasi dengan Foxconn menggarisbawahi dampak global dari upaya mereka, dengan potensi penerapan di berbagai sektor di luar teknologi otomotif.

Share
×
tekid
back to top