sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 17 Mar 2022 11:59 WIB

Elon Musk prediksi manusia akan mendarat di Mars tahun 2029

CEO SpaceX Elon Musk memprediksi pendaratan manusia pertama di Mars akan terjadi pada tahun 2029, sebelum dekade ini berakhir.

Elon Musk prediksi manusia akan mendarat di Mars tahun 2029

Elon Musk percaya manusia akan menginjakkan kaki pertama kali di Mars sebelum akhir dekade ini. Bos SpaceX itu belum lama menanggapi sebuah tweet yang mempertanyakan kapan pendaratan kru pertama di planet merah akan terjadi dan ia menjawab, “2029’”.

Untuk diketahui, Musk mendirikan SpaceX 20 tahun lalu dengan tujuan menciptakan sistem roket yang dapat digunakan kembali untuk memangkas biaya peluncuran dan meningkatkan akses ke luar angkasa.

Setelah mencapai banyak hal melalui roket Falcon 9 - yang saat ini membawa astronot pulang-pergi ke Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS) dan meluncurkan satelit untuk banyak perusahaan dan organisasi - Musk selalu melihat potensi besar untuk membawa manusia ke Mars dan bahkan menciptakan koloni mandiri di sana.

Ini bukan pertama kalinya Musk memprediksi pendaratan manusia di Mars. Pada 2016, ia memperkirakan orang akan mencapai Mars pada 2026, tanggal yang hanya dianggap realistis bagi segelintir orang. Bahkan 2029 saja terdengar ambisius, karena masih banyak PR yang harus dikerjakan dan dipersiapkan untuk membuka jalan bagi misi tersebut.

Berdasarkan laporan Digital Trends (17/3), Musk kemungkinan akan menggunakan roket Starship generasi berikutnya dari SpaceX untuk misi Mars. Roket ini terdiri dari booster Super Heavy dan pesawat ruang angkasa Starship. Namun, kendaraan tersebut belum melakukan uji terbang orbital sejauh ini.

Starship direncanakan untuk melakukan uji terbang pertama dalam satu atau dua bulan ke depan. Misi dari roket ini adalah menempatkan jalur pendaratan bulan di tahun-tahun mendatang, baru setelah itu melakukan perjalanan ke planet merah.

Share
×
tekid
back to top