sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Jumat, 17 Apr 2020 14:33 WIB

Cara NASA bawa pulang kumpulan sampel dari Mars

NASA membeberkan rencana tidak masuk akalnya untuk membawa pulang kembali sampel-sampel yang sudah dikumpulkan rovernya di Mars.

Cara NASA bawa pulang kumpulan sampel dari Mars
Source: NASA

Sejauh ini NASA secara intens mengumpulkan sampel-sampel yang ada di Mars dengan mengirimkan sejumlah rover-nya. Perseverance adalah rover yang akan meluncur dalam waktu dekat. Namun, bagaimana cara membawa kembali sampel tersebut ke bumi belum dapat NASA pastikan hingga kini. Rencana menerbangkan kembali rover dari Mars ke Bumi adalah rencana yang tidak masuk akal bahkan secara ilmiah akan sulit untuk mewujudkan ini. Walaupun demikian, NASA tetap yakin dan merencanakan proyek ini dengan mengandalkan keberhasilan rover Perseverance.

Rover Perseverance akan diluncurkan ke Mars pada Juli mendatang. Rover ini membawa 30 tabung kecil untuk menaruh sampel dari Mars yang diambil oleh tangan-tangan yang dimiliki rover tersebut. Selanjutnya, NASA akan mengirimkan rover lainnya pada 2026 dan sampai di Mars pada 2028. Rover kedua ini akan mendarat di dekat Perseverance di kawah Jezero untuk menjemput sampel yang sudah dikumpulkannya.

Rover NASA Perseverance

Sampel akan diletakkan di dalam roket yang dibawa oleh rover kedua itu yang nantinya akan meluncurkan dirinya sendiri ke orbit. Ini akan menjadi pertama kalinya pesawat ruang angkasa akan lepas landas dari Mars.

Tidak sampai itu, pesawat ruang angkasa lainnya atau yang ketiga akan menunggu roket kecil pembawa sampel di orbit. Pesawat ruang angkasa ketiga yang menunggu di titik tersebut akan menyinkronkan orbitnya dengan roket pembawa sampel dan kembali bersama ke Bumi. Keduanya diperkirakan mendarat pada tahun 2031.

“Ini sama sekali bukan tugas yang sederhana. Tapi kami telah membuatnya sesederhana mungkin,” kata Jim Watzin, Kepala Program Eksplorasi Mars NASA. Sulit memang untuk memikirkan proses yang lebih sederhana lagi. Rover Perseverance tidak mungkin kembali dengan melewati lintasan balistik. Jadi, kendaraan kedua dan ketiga juga dibutuhkan.

Kendati demikian, semua proses di atas masih hanya sebuah rencana dan NASA belum merealisasikan apapun mengenai proyek itu. Masih butuh bertahun-tahun lagi bagi NASA untuk mengerjakan proyek yang sangat mengejutkan ini.

Share
×
tekid
back to top