sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
Jumat, 11 Mei 2018 02:14 WIB

Begini wujud mobil terbang Uber

Uber merilis desain untuk mobil terbang pada sebuah proyek yang disebut Common Reference Model (CRM)

Begini wujud mobil terbang Uber

Mobil terbang adalah teknologi baru yang banyak diperbincangkan setelah mobil otonom. Uber bahkan telah menyatakan rencananya untuk menghadirkan kendaraan berteknologi canggih tersebut. Terbaru, perusahaan besutan Travis Kalanick itu mengumbar bagaimana konsep mobil terbangnya.

Uber merilis desain untuk sebuah proyek yang disebut Common Reference Model (CRM). Ini memang bukan nama dari kenndaraan yang akan dikembangkan oleh Uber, melainkan adalah jenis dari mobil terbang tersebut. 

Kendaraan elektrik VTOL (Vertical Take-off and Landing) itu mampu menampung hingga empat orang penumpang. Kecepatannya mampu memangkas durasi perjalanan dari dua jam menjadi hanya 15 menit saja. Desain ini telah dipamerkan Uber dalam sebuah acara di Los Angeles terkait taksi terbang di masa depan.

Untuk proyek ini, Uber merekrut insinyur NASA, Mark Moore guna mengembangkan konsep perusahaan. Moore sendiri memiliki pengalaman bekerja di pesawat penggerak elektrik, termasuk X-57 yang merupakan sebuah pesawat berukuran kecil yang memiliki 12 motor elektrik di sepanjang sayapnya.

CRM akan hadir dengan serangkaian baling-baling yang ditumpuk. Beberapa diantaranya memang dialokasikan sebagai cadangan keamanan jika salah satu dari baling-baling itu mengalami kendala. Ada juga dua penopang kendaraan yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri, berukuran cukup besar.

Baling-baling lain ditempatkan secara vertikal di bagian belakang bodi mobil untuk memberikan daya dorong ke depan. Mobil terbang itu hanya menyediakan satu sisi sebagai jalur akses untuk masuk maupun keluar.

Baling-baling memang dirancang dengan ditumpuk agar membuat kendaraan lebih stabil ketimbang desain sebelumnya. Desain ini juga dinilai lebih aman kerena memiliki lebih banyak cadangan. 

Namun demikian CRM tidak akan pernah dibuat melainkan hanya sebagai pondasi desain untuk pabrikan lain. Pasalnya model mobil atau taksi terbang di masa mendatang akan bervariasi sehingga semakin sulit untuk mengaturnya. Desain Uber ini selanjutnya akan membantu pabrikan kendaraan untuk memulai proyek dengan menyatukan teknologi dan infrastruktur yang akan datang. 

Belum dapat dipastikan kapan taksi terbang Uber akan tersedia. Yang jelas, Uber berharap memulai pengujian dalam waktu dua tahun yang akan datang di baandara Dallas-Fort Worth, Texas. Demikian dilansir Futurism.

Share
×
tekid
back to top