sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 13 Jun 2022 10:45 WIB

Batuan Mars tersangkut di roda Perseverance selama 4 bulan

Selama 4 bulan terakhir ini, rover Perseverance menjelajahi Mars ditemani oleh batuan kecil yang menyangkut dan terjebak di dalam rodanya.

Batuan Mars tersangkut di roda Perseverance selama 4 bulan

Perseverance menjalani hari-hari yang sepi selama satu tahun terakhir di Mars. Rover yang dikirim dari Bumi ke planet merah tersebut oleh NASA menjelajahi daratan yang hampa, hanya dengan ditemani helikopter kecil, Ingenuity. Namun, laporan baru-baru ini menunjukkan Perseverance dan Ingenuity tidak kesepian lagi karena kehadiran kawan baru.

NASA melaporkan sebongkah batu tidak sengaja masuk kedalam salah satu roda Perseverance. Rupanya, batu tersebut terjebak di roda kiri depan rover selama empat bulan terakhir, sejak Februari 2022. 

Penampakan batu ini diabadikan oleh kamera depan rover pada 6 Februari, kemudian gambar kedua yang diambil pada 26 Mei juga menunjukkan batu di posisi roda yang sama. Ini berarti, batu memantul ke segala penjuru dalam roda ketika sedang berjalan. Namun untungnya, ini tidak membahayakan Perseverance. 

Menurut NASA, batu ini tidak merusak roda dan sudah melakukan perjalanan bersama rover lebih dari 5,3 mil atau sekitar 8,5 km. Oleh karena itu, batu kecil ini dijuluki sebagai “Batu peliharaan Perseverance yang menawan.”

“Batu ini tidak merusak roda, tetapi sepanjang perjalanannya (tidak diragukan lagi bergelombang!), batu ini menempel dan muncul secara berkala di gambar Hazcam kiri kami,” tulis Eleni Ravanis, kolaborator mahasiswa NASA yang dilansir dari Digital Trends (13/6).

Alih-alih batu di dalam roda, justru batu di luar lebih berbahaya. Sebagaimana dialami roda rover Curiosity di awal misinya yang rusak karena terkoyak oleh bebatuan tajam. Akhirnya, lubang dan robekan pada roda menyebabkan dua tapak dari satu roda putus sepenuhnya. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, Curiosity mengubah arah jelajah yang direncanakan agar menghindari bebatuan tajam lainnya.

Tag
Share
×
tekid
back to top