sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Senin, 09 Okt 2023 10:44 WIB

Amazon berhasil luncurkan satelit internet pertamanya

Peluncuran satelit internet pertama Amazon sukses. Roket Atlas V milik United Launch Alliance membawa dua satelit Project Kuiper pertama ke orbit rendah Bumi.

Amazon berhasil luncurkan satelit internet pertamanya
United Launch Alliance via Engadget

Peluncuran satelit pertama Amazon dinyatakan sukses. Roket Atlas V milik United Launch Alliance membawa dua satelit Project Kuiper pertama ke orbit rendah Bumi pada hari Jumat. Misi tersebut, yang diberi nama Protoflight, lepas landas pada pukul 14:06 waktu setempat dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

Amazon telah mengerjakan Project Kuiper, inisiatif satelit internet mirip Starlink, selama beberapa waktu. Dilansir dari Engadget (9/10) perusahaan itu sebelumnya direncanakan untuk meluncurkan purwarupa pada akhir tahun lalu.

Amazon melihat Protoflight sebagai peluang pembelajaran utama, memberikannya kesempatan untuk merekam data dunia nyata dari luar angkasa dan menambahkannya ke temuan dari pengujian laboratorium dan lapangan. Perusahaan tersebut berharap mendapatkan lebih banyak wawasan tentang bagaimana kinerja jaringan di seluruh dunia dan luar angkasa.

Protoflight juga merupakan ujian pemrosesan satelit, peluncuran, dan operasi misi. Setelah misinya selesai, Amazon akan secara aktif melakukan deorbitasi kedua satelit tersebut sebelum terbakar di atmosfer.

“Kami telah melakukan pengujian ekstensif di laboratorium kami dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap desain satelit kami, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan pengujian di orbit,” kata Rajeev Badyal, wakil presiden teknologi Project Kuiper. “Ini adalah pertama kalinya Amazon meluncurkan satelit ke luar angkasa, dan kami akan belajar banyak hal terlepas dari bagaimana misi tersebut dijalankan.”

Amazon mengatakan tujuan Project Kuiper adalah untuk menawarkan broadband yang cepat dan terjangkau bagi komunitas yang belum terlayani dan kurang terlayani di seluruh dunia. Mereka berencana untuk menyebarkan lebih dari 3.200 satelit selama enam tahun ke depan setelah memperoleh persetujuan FCC, dan purwarupa KuiperSat-1 dan KuiperSat-2 adalah model pertama. Amazon diperkirakan akan meluncurkan satelit produksi pada paruh pertama tahun 2024 dan memulai pengujian beta dengan beberapa pelanggan pada akhir tahun depan.

Share
×
tekid
back to top