sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 05 Des 2017 18:50 WIB

2019, kacamata pintar AR sudah beredar di pasar

Perjanjian lisensi antara pabrikan rekanan Apple dengan Lumus Ltd, membuat komponen kacamata pintar AR jadi turun harga.

Quanta Computer Inc., salah satu rekanan Apple, baru saja menandatangani lisensi perjanjian dengan pembuat komponen Augmented Reality asal Israel, Lumus Ltd. Dilansir dari Bloomberg (5/12), ini terkait produksi kacamata pintar secara massal. Berkat kemajuan ini, tidak lama lagi produk kacamata pintar AR akan beredar di pasar. Lumus berharap kacamata pintar AR meluncur 12-18 bulan lagi.

Lumus sendiri merupakan perusahan perancang layar untuk kacamata pintar berteknologi AR. Sebagai bagian dari perjanjian itu, Quanta akan menjadi pabrikan utama bagi lensa kacamata pintar AR itu nantinya. CEO Lumus, Ari Grobman mengatakan, Quanta memang telah berinevstasi sebesar USD45 juta pada Lumus sejak akhir 2016 lalu.

Dalam sebuah interview yang kami lansir dari Bloomberg (5/12), Ari menegaskan, kesepakatan ini menghasilkan satu poin penting bagi kemajuan AR.

"Ini artinya bagian paling mahal dalam membangun teknologi kacamata AR, kini berharga terjangkau. Secara efektif, ini akan membuat harga produk kacamata pintar AR turun," ungkapnya.

Quanta mengisyaratkan, perangkat AR akan dibanderol lebih murah dari harga sebuah smartphone kelas high-end. Namun, baik Lumus maupun Quanta tidak mengatakan bahwa membuat pesanan kacamata pintar AR untuk Apple.

Apple memang sangat ingin mengembangkan perangkat AR yang bisa terintegrasi dengan Siri. Mereka berharap kacamata ini mampu menampilkan peta dan pesan teks ketika dipakai. Apple berharap merilis produk perangkat AR mereka 2019-2020 nanti.

Dugaan sementara, produksi massal Quanta ini merupakan pesanan Apple. Quanta sendiri merupakan pabrikan Apple Watch dan MacBook. 60 persen pendapatan Quanta berasal dari Apple. Selain Apple, klien Quanta adalah HP Inc dan Acer Inc.

Share
×
tekid
back to top