sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Sabtu, 16 Mei 2020 09:50 WIB

Review Scoob!, film komedi dengan segala hal kekinian

Film Scoob! sungguh menghibur dengan komedi khasnya lewat dialog Shaggy dan Scooby dan latar post-milenial yang membuat film makin apik.

Review Scoob!, film komedi dengan segala hal kekinian
Source: Warner Bros

Film animasi 3D Scoob! direncanakan tayang di bioskop pada 15 Mei. Namun, pandemi virus corona telah membatalkan rencana tersebut dan membuatnya ditayangkan secara streaming di berbagai layanan streaming seperti Di Apple TV, Amazon Prime Video, YouTube dan Google Play pada tanggal yang sama. Film reboot dari serial animasi komedi Scooby-Doo ini merupakan yang ditunggu-tunggu sejak film animasinya terakhir dibuat pada tahun 1994, sedangkang live action-nya tayang di layar lebar pada tahun 2004.

Scoob! diawali dengan cerita awal mula Shaggy bertemu dengan Scooby dan bagaimana geng Mystery Inc. terbentuk. Scooby Dooby-Doo merupakan nama spontan yang Shaggy berikan kepada Scooby di pantai Venice ketika pertama kali keduanya bertemu. Singkat, mereka bertemu Fred, Velma, dan Daphne di malam Halloween dan memulai petualangan pertama kali di rumah besar milik Tuan Rigby yang ternyata adalah seorang pencuri kelas kakap. Sejak keberhasilannya itu, Shaggy dan kawan-kawannya membentuk geng bernama Mystery Inc. dan menyelesaikan kasus-kasus misteri yang aneh.

Awal pertemuan Mysteri Inc

Tidak persis dengan serial aslinya, Shaggy, Scooby, Daphne, dan Velma diceritakan tumbuh dalam fase post-milenial di mana mobil listrik di mana-mana dan jaringan internet yang stabil serta eksistensi aplikasi-aplikasi seperti Tinder, Netflix, dan aplikasi media sosial lainnya. Shaggy juga digambarkan sebagai anak muda yang mengikuti tren di mana ia selalu menggunakan kata Like (atau ‘Kayak’ dalam bahasa gaul Indonesia) pada setiap awal kalimat yang ia ucapkkan. Sepanjang film, penonton akan disuguhkan oleh teknologi-teknologi canggih, seperti yang ada di dalam pesawat Falcon Fury. Yap, pesawat milik superhero Blue Falcon yang sebelumnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan waralaba Scooby-Doo.

Warner Bros memang berkolaborasi dengan Hanna Barbera dalam pembuatan film Scoob! Tidak hanya Blue Falcon yang diadaptasi ke film, ada juga karakter Dynomutt sahabat Blue Falcon dan Dick Dastardly yang juga merupakan karakter di serial-serial animasi milik Barbera. Scooby dan Shaggy yang ditolong oleh Blue Falcon, lebih tepatnya anak dari Blue Falcon yakni Brian memiliki misi untuk menggagalkan rencana jahat Dastardly. Sementara Velma, Daphne, dan Fred berada di alur yang berbeda hingga pada akhirnya mereka bertemu di Atena, tempat di mana konflik terjadi.

Saat melakukan penerbangan di pesawat Falcon Fury

Dick Dastardly di Scoob!

 

Komedi bergaya groovy yang berhasil menghibur

Perlu dicatat, film ini sungguh sangat menghibur. Komedi-komedi groovy gaya lama yang khas kerap dilontarkan lewat dialog Shaggy, Scooby, dan bahkan Brian si karakter baru. Ya walaupun perlu Saya akui bahwa plot cerita kadang lompat-lompat, namun dari segi hiburan, film ini Saya rekomendasikan kepada Anda dan anak-anak Anda khususnya.

Keempat penulis naskah – Matt Lieberman, Adam Sztykiel, Jack Donaldson, dan Derek elliott – juga mengaitkan film dengan properti Warner Bros lainnya seperti Harry Potter, Wonder Woman, Lord of the Rings, dan lainnya. Adegan pesawat yang terbang secara brutal juga mengingatkan Saya pada waralaba Star Wars yang juga ada di dalam kapal terbang. Lucunya lagi, penulis naskah menampilkan Simon Cowell sebagai investor, yang merupakan penyebab perpecahan geng Mystery Inc.

Simon Cowell dengan gaya jurinya di Scoob!

 

Pesan persahabatan yang dikemas unik

Bicara tentang pesan yang terkandung dalam film, Scoob! menceritakan tentang makna persahabatan sejati yang tidak bisa dikalahkan oleh apa pun yang dapat memperkuat kerjasama tim. Walaupun sempat berpisah karena omongan Simon Cowell – ini sangat mirip dengan karakter asli Cowell – Mystery Inc. pada akhirnya bekerja sama melawan Cerberus, lawan mereka selanjutnya setelah Dastardly berhasil membuka gerbang Underworld. Walaupun memiliki makna yang dalam, kembali lagi, pesan ini dikemas dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Shaggy merasa cemburu ketika Scooby melepas kalung pemberian Shaggy 10 tahun yang lalu, untuk mengenakan kostum superheronya. Tapi kostum itu tidak berarti apa-apa setelah robek. Scooby yang ternyata merupakan keturunan terakhir dari anjing Peritas milik Alexander Agung harus mengorbankan dirinya untuk mengunci gerbang Underworld. Namun, adegan yang seharusnya itu malah menjadi komedi ketika Shaggy dan Scooby berebutan ingin mengorbankan diri mereka.

Adegan saat Shaggy pergi ke UnderWorld

Untuk diketahui Scoob! merupakan proyek arahan Tony Cervone dengan divisi Warner Animation Group dalam Warner Bros. Suara para karekter diisi oleh Frank Welker (Scooby), Will Forte (Shaggy), Zac Efron (Fred Jones), Gina Rodriguez (Velma Dinkley), Amanda Seyfried (Daphne Blake), Mark Wahlberg (Blue Falcon), dan Jason Isaacs (Dick Dastardly).

Share
back to top