Jumlah unduhan aplikasi smartphone di 2018 capai 113 miliar

Pendapatan paling tinggi saat ini diperkirakan datang dari beberapa gim populer, seperti Fortnite, PUBG, dan lainnya.

Jumlah unduhan aplikasi smartphone di 2018 capai 113 miliar Fortnite (The Verge)

Penggunaan perangkat smartphone setiap tahun tercatat semakin meningkat. Selain melalui penjualan smartphone, peningkatan penggunaan juga dapat dilihat dengan cara mengintip jumlah unduhan aplikasi.

Dari statistik terbaru yang dikeluarkan oleh App Annie, jumlah unduhan aplikasi sepanjang 2018 meningkat sekira 10 persen. Dilansir dari Ubergizmo (25/12), jumlah unduhan aplikasi sepanjang 2018 ada di angka 113 miliar kali.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Untuk pertama kalinya, pengguna TikTok turun

42 aplikasi di Play Store tayangkan iklan berbahaya

Jumlah korban aplikasi pelacak di Android meningkat 35% 


Selanjutnya App Annie mengklaim bahwa in-app purchase di seluruh dunia meningkat 20 persen dari tahun ke tahun. Jumlah pengeluaran pengguna smartphone 2018 secara global mencapai USD76 miliar atau Rp1.106,2 triliun. Jumlah ini merupakan penggabungan pengeluaran dari dua platform Android serta iOS. Sayang, mereka masih belum mencacah jumlah pasti di setiap platform tersebut. Selain itu, diketahui juga bila angka ini masih belum digabungkan dengan platform aplikasi milik China. Jika digabungkan, maka angka yang mereka dapatkan akan melonjak sangat tinggi. Hal ini karena masyarakat China sangat sering belanja aplikasi.

Laporan ini juga mengklaim bahwa gim mobile adalah format yang paling populer dan menguntungkan. Pasalnya saat ini para gamer sudah melihat platform mobile sebagai hal yang serius.

Beberapa gim yang paling banyak menghasilkan uang di antaranya seperti Fortnite Battle Royale, PUBG, dan juga Rolblox. Tak mengherankan bila mengingat banyak gamer muda yang bermain gim-gim tersebut.

Terakhir, analis App Annie memperkirakan bahwa kita akan melihat hal yang sama di tahun 2019. Hal ini tidak lepas karena smartphone terus mampu mendukung game multi-player yang lebih kompleks dan berkualitas konsol.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: