Indomusikgram, geliat musik di media sosial

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 19 Des 2017 17:15 WIB

Ada pergerakan yang cukup kuat di industri musik kita beberapa tahun belakangan ini.

Media sosial menjadi platform baru bagi musisi amatir yang karyanya ingin didengarkan secara luas. Tidak sedikit musisi, baik nasional maupun internasional, berhasil masuk industri berkat konten mereka viral di media sosial. Sebut saja, Raisa. Sembilan tahun yang lalu, dia hanyalah gadis biasa yang suka menggubah lagu (cover) di YouTube.

Selain YouTube, layanan lain yang tak kalah besar pengaruhnya adalah Instagram. Salah satu akun yang khusus didedikasikan untuk musisi amatir ini adalah Indomusikgram. Akun yang mulai aktif sejak 2014 ini digawangi Christian Bong dan Ananta Giovanni.

Christian adalah pemuda bersemangat yang telah mengembangkan karirnya sebagai produser video dan musik di media sosial sejak 2014. Sementara Ananta lebih irit bicara, namun banyak ide kreatif di kepalanya. Ananta ialah seorang produser musik. Salah satu karyanya yang viral hingga ke level dunia adalah Dat $tick bersama Rich Chigga.

Lewat tangan dingin mereka, serta koneksi luas keduanya di industri hiburan di Tanah Air, membawa @indomusikgram menjadi komunitas besar di Instagram. Hingga artikel ini dimuat, @indomusikgram telah meraih 728 ribu pengikut. Tagar #indomusikgram pun tembus 1 juta dengan pertumbuhan rata-rata 2.000 tagar tiap hari.

Bagi Christian, Indomusikgram adalah penghubung bagi orang-orang yang punya karya yang ingin menjadi lebih terkenal. Dia menyebut Indomusikgram sebagai platform one-stop cover artist.