Indomusikgram, geliat musik di media sosial

Ada pergerakan yang cukup kuat di industri musik kita beberapa tahun belakangan ini.

Indomusikgram, geliat musik di media sosial

Media sosial menjadi platform baru bagi musisi amatir yang karyanya ingin didengarkan secara luas. Tidak sedikit musisi, baik nasional maupun internasional, berhasil masuk industri berkat konten mereka viral di media sosial. Sebut saja, Raisa. Sembilan tahun yang lalu, dia hanyalah gadis biasa yang suka menggubah lagu (cover) di YouTube.

Selain YouTube, layanan lain yang tak kalah besar pengaruhnya adalah Instagram. Salah satu akun yang khusus didedikasikan untuk musisi amatir ini adalah Indomusikgram. Akun yang mulai aktif sejak 2014 ini digawangi Christian Bong dan Ananta Giovanni.


BACA JUGA

Twitter akui ada bug yang kumpulkan lokasi penggunanya

5 fitur baru Facebook hingga Instagram di F8

Mei nanti iklan Facebook bakal bikin tambah pusing


Christian adalah pemuda bersemangat yang telah mengembangkan karirnya sebagai produser video dan musik di media sosial sejak 2014. Sementara Ananta lebih irit bicara, namun banyak ide kreatif di kepalanya. Ananta ialah seorang produser musik. Salah satu karyanya yang viral hingga ke level dunia adalah Dat $tick bersama Rich Chigga.

Lewat tangan dingin mereka, serta koneksi luas keduanya di industri hiburan di Tanah Air, membawa @indomusikgram menjadi komunitas besar di Instagram. Hingga artikel ini dimuat, @indomusikgram telah meraih 728 ribu pengikut. Tagar #indomusikgram pun tembus 1 juta dengan pertumbuhan rata-rata 2.000 tagar tiap hari.

Bagi Christian, Indomusikgram adalah penghubung bagi orang-orang yang punya karya yang ingin menjadi lebih terkenal. Dia menyebut Indomusikgram sebagai platform one-stop cover artist.

“Kita bantu mereka biar bisa kolaborasi dengan beberapa musisi (profesional),” ujarnya sembari menambahkan bahwa Indomusikgram pernah bekerjasama dengan Andji, Kotak, dan Vidi Aldiano, serta Rossa.

Jika dirunut ke belakang, semangat awal Christian dan Ananta ketika membuat Indomusikgram sebenarnya hanya menyalurkan hobi saja. Kebetulan, mereka senang menonton dan membuat video. Mereka pun mulai membuat video sesuai dengan evolusi perkembangan video di Instagram dari sekadar berdurasi 6 detik, sampai 90 detik.

Hobi ini rupanya disambut hangat oleh pengguna Instagram hingga pengikut mereka terus bertumbuh. Pengikut yang mencapai ratusan ribu ini tentu menarik juga bagi pengiklan.

“Indomusikgram dilihatnya seperti koran saja. Kita punya lahan untuk iklan. Seperti Ananta ini, dari yang awalnya cuma meramu (musik) di kamar doang, sampai pencapaian terbesarnya tahun ini bisa hadir di YouTube Viral Fest 2017 di Thailand,” kata Christian.

Walau demikian, seperti dijelaskan Ananta, kualitas konten yang mereka buat masih “rumahan banget”, termasuk Dat $tick milik Rich Chigga. Produksi rumahan ini tak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi, terutama berkat kehadiran laptop, kamera, dan peranti lunak guna mendukung produksi konten video.

“Inilah yang membuat Indomusikgram hadir. Sekarang lingkungannya mendukung. Itu juga yang bikin setiap harinya orang-orang menaruh video ke Indomusikgram. (Jumlahnya) seribu sampai dua ribu. Harapannya, supaya bisa jadi terkenal,” kata Christian.

Pintu menjadi selebgram

Salah satu pencarian terpopuler Google pada tahun 2017 adalah “Cara menjadi selebgram.” Menurut Christian, salah satu caranya adalah dengan meng-cover lagu-lagu terkenal. Jika versi cover kita disukai banyak orang, ini akan membuka peluang untuk endorsement, jingle commission, project collaboration dan lain-lain.

Indomusikgram sendiri secara rutin menerima penawaran promosi lomba jingle yang sangat pas dengan pengikut mereka.

Lalu, mengapa harus cover lagu?

Kata Christian, musisi-musisi amatir bukannya tak punya karya sendiri. Namun, agar karya mereka didengar, mereka terlebih dahulu harus mengumpulkan penggemar dengan cara menyanyikan lagu milik orang lain yang sudah terkenal.

Memang, selalu saja ada pengecualian untuk orang tertentu, seperti Rich Chigga yang hadir dengan video dan lirik unik.

Berikut data menarik seputar akun indomusikgram dalam periode 30 hari terakhir.

 

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: