YouTube kini hadirkan halaman khusus untuk Podcast

Oleh: Litalia Putri - Selasa, 23 Agst 2022 17:05 WIB

YouTube dilaporkan telah meluncurkan halaman khusus untuk podcast pada layanan streaming video mereka.

Layanan streaming milik Google, YouTube, dilaporkan telah meluncurkan halaman khusus podcast ini untuk sejumlah pengguna di kawasan tertentu. Kabar ini mengkonfirmasi rumor yang sempat beredar di internet pada Maret 2022 lalu. 

Berdasarkan laporan dari 9to5Google (23/8), halaman khusus untuk podcast ini diyakini telah meluncur sejak akhir Juli 2022. Namun, halaman khusus podcast ini baru diketahui seiring dengan kemunculannya yang semakin banyak pada pengguna aplikasi YouTube di Amerika Serikat (AS). 

Artinya, hingga sekarang halaman khusus untuk podcast ini masih dalam proses peluncuran oleh pihak Google. Halaman ini juga hanya dapat diakses melalui halaman Explore yang terdapat di aplikasi ataupun browser youtube.com/podcast

Menurut 9to5Google, sejumlah akun pengguna YouTube yang berada di AS kini menampilkan sebuah tab baru di halaman penelusuran mereka. Lebih lanjut, tab podcast di halaman Explore ini akan muncul bersama dengan sederet pilihan lainnya seperti Trending, Musik, Film & Acara, Live, Game, Berita, Olahraga, Pembelajaran, dan Mode & Kecantikan.

Halaman khusus untuk podcast yang terdapat di YouTube saat ini terbilang cukup sederhana. Namun, meski tidak menunjukkan adanya banyak kurasi, halaman baru ini telah memiliki sejumlah saluran dan acara dengan jutaan pendengar.