Usai diblokir Twitter, Tapbots resmi beralih ke Mastodon

Oleh: Zhafira Chlistina - Minggu, 22 Jan 2023 15:01 WIB

Tapbots, perusahaan induk Tweetbot, resmi menghentikan pintu alternatif Twitter tersebut dan sekarang fokus ke Mastodon. 

Twitter beberapa waktu lalu memblokir akses platform-nya dari aplikasi pihak ketiga seperti Tweetbot dan Twitterrific. Perusahaan mengonfirmasi bahwa hal itu terjadi karena penerapan aturan lama, yang berarti Tweetbot ata Twitterific terkena dampak karena salah satu kebijakan dilanggar.

Namun, pengembang aplikasi pihak ketiga tersebut tidak tahu menahu apa yang telah mereka lakukan dan pihak Twitter juga tidak memberikan konfirmasi lebih lanjut terkait kebijakan. Untuk itu, kini Tapbots, perusahaan induk Tweetbot, resmi menghentikan pintu alternatif Twitter tersebut dan sekarang fokus ke Mastodon. 

Dilansir dari Engadget (21/1), pengembang sekarang beralih ke Ivory, sebuah aplikasi untuk platform sosial terbuka Mastodon. Sama seperti Tweetbot, Ivory adalah jalue alternatif pengguna untuk membuka Mastodon tanpa melalui aplikasinya. Meskipun saat ini terbatas pada pengujian khusus undangan, Tapbots berharap dapat membuat perangkat lunak "lebih baik daripada Tweetbot yang pernah ada".

Say Goodbye to Tweetbot.

We've been proud to serve you over the last 12+ years, but due to circumstances beyond our control, we have to shut down Tweetbot.

Thank you so much for your patience and outpouring of support over these tough times at Tapbots. https://t.co/PjHePIkCpb pic.twitter.com/e45XXU7ugF — Tapbots (@tapbots) January 20, 2023

Ini bukan kejadian pertama Twitter ditinggal oleh mitra pihak ketiganya. Sebelumnya, Iconfactory juga menarik Twitter dari App Store iOS, macOS, dan mengecam Twitter era Musk sebagai perusahaan yang "tidak diakui sebagai perusahaan yang dapat dipercaya." 

Tag