Twitter ungkap telah perbaiki bug yang sebabkan akun pengguna tersangkut

Oleh: Litalia Putri - Jumat, 23 Sep 2022 13:46 WIB

Celah keamanan (bug) ini membuat akun Twitter pengguna tetap log in di perangkat lain meski telah menyetel ulang kata sandi mereka.

Twitter mengumumkan telah memperbaiki celah keamanan yang terdapat pada platform media sosial miliknya. Bug ini menyebabkan akun pengguna Twitter tetap tersangkut di sejumlah perangkat lain meski mereka telah menyetel ulang kata sandi secara sukarela. 

Twitter juga mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan sejumlah akun pengguna Twitter yang mungkin terpengaruh bug tersebut. Perusahaan ini menyarankan pengguna aplikasi mereka untuk meninjau kontrol yang tersedia di menu pengaturan dan memantau sesi terbuka yang aktif secara teratur.

Lebih lanjut, pengungkapan bug ini dilakukan beberapa minggu setelah Twitter dituduh oleh mantan kepala keamanan mereka, Peiter Zatko. Tuduhan ini terkait atas praktik keamanan yang buruk, gagal menangani akun palsu, dan mengizinkan pemerintah asing untuk menempatkan agen dalam daftar gaji perusahaan.

Perusahaan mengaitkan masalah bug ini dengan perubahan pada sistem yang mengatur ukang kata sandi tahun lalu. Twitter mengatakan, bug tersebut memungkinkan akun Twitter untuk tetap masuk dari beberapa perangkat setelah melakukan reset kata sandi secara sukarela.

“Itu berarti jika Anda secara proaktif mengubah kata sandi di satu perangkat, tetapi masih memiliki sesi terbuka di perangkat lain, sesi itu mungkin belum ditutup,” ungkap Twitter, dikutip dari Gadgets360 (23/9).