Tren smartphone di 2019, apa saja yang menarik?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Sabtu, 29 Des 2018 11:05 WIB

Tren di 2018 ternyata dimulai oleh Apple, yang mengaplikasikan AI di sistem keamanan mereka, yakni Face ID. Kemudian, menyebar dan digunakan di hampir semua perangkat Android.

Ilustrasi AI (Pixabay)

Tahun 2019 sudah di depan mata. Padahal, masih jelas di ingatan, tepat di hari pertama tahun 2018, saya bangun dan membuka smartphone menggunakan jari. Dan saat ini, di penghujung 2018, saya tinggal menatap layar untuk melakukan hal yang sama.

Itu semua berkat kecerdasan buatan (AI). Tahun 2018 menandai babak baru AI di ponsel pintar. Setelah asisten pribadi virtual, vendor menghadirkan AI untuk beragam kebutuhan: dari fotografi, penerjemah, sampai keamanan seperti pemindai wajah. Tren pemindai wajah dimulai Apple pada 2017 melalui iPhone X. Penggemar teknologi, termasuk saya, langsung jatuh cinta melihat teknologi ini.

Ada perbedaan mendasar antara teknologi yang diusung Apple dan vendor Android. Jika Apple sudah menggunakan perpaduan antara peranti lunak dan peranti keras, Android hanya mengandalkan peranti lunak saja.

Tak heran, ada perbedaan yang sangat jauh antara penggunaan teknologi tersebut di iPhone dan Android. Hal ini dikarenakan penggunaan AI di sisi peranti lunak saja akan menghadapi hambatan dalam penggunaan sehari-hari.

Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto menjelaskan, AI di dalam prosesor cukup penting untuk meningkatkan kemampuan sebuah ponsel pintar.