Trafik XL Axiata naik 15% berkat aplikasi streaming dan e-Learning

Oleh: Lely Maulida - Senin, 23 Mar 2020 15:46 WIB

XL Axiata mencatat kenaikan trafik data yang signifikan di sepanjang pekan setelah kebijakan bekerja, belajar dan beribadah di rumah diberlakukan di Indonesia.

XL Axiata mencatat kenaikan trafik data yang signifikan di sepanjang pekan setelah kebijakan bekerja, belajar dan beribadah di rumah diberlakukan di Indonesia. Data pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata menunjukkan kenaikan cukup tajam hingga 15% dibanding hari normal dalam cakupan nasional.

Operator ini menyebut akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. Sementara itu, berdasarkan lokasi, Jabodetabek mencatat kenaikan trafik sebesar 6%.
 
“Di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah," kata (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa melalui tayangan streaming di Jakarta (23/3).
 
Layanan data yang paling tinggi kenaikannya menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%. 
 
Untuk media sosial, kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 %, Instagram 2%, Youtube 3%, dan Twitter 3%. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2%, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19. Aplikasi berbagai media online yang menyediakan berita tentang corona juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8%.  
 
Layanan percakapan instan seperti Whatsapp mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1% dan Telegram 12%. Selama berada di rumah melakukan social distancing, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6% dan streaming film (Netflix, Hooq) 38%.

Lokasi peningkatan trafik XL Axiata
    
Peningkatan trafik terjadi di berbagai daerah. Misalnya di Jakarta meningkat 6%, dimana Jakarta Timur menyumbang peningkatan tertinggi hingga 6% dan Banten (6%) dengan trafik tertinggi di kota Tengerang Selatan (9%). Selain Jabodetabek, trafik data yang meningkat secara signifikan juga terjadi di Kabupaten Barru 19%, Kabupaten Bulukumba 18%, Kab Pinrang 18% di Provinsi Sulawesi Selatan, serta di Provinsi Sumatera Utara di Kab Labuhan Batu Selatan sebesar 16% dan di Kab Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 15%.

Selama sepekan periode pelaksanaan himbauan bekerja dan belajar dari rumah, jumlah mobilitas pelanggan yang ke luar negeri dan jumlah pelanggan luar negeri yang datang ke Indonesia mengalami penurunan. Pelanggan keluar negeri (outbound) turun 41%, sedangkan pelanggan dari luar negeri yang menggunakan jaringan XL Axiata (inbound) turun sekitar 16%.
 
Hingga sepekan terakhir, XL Axiata belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal. Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas diklaim selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan.

Selain itu, XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan seperti saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran. Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.